Wawali Buka Kegiatan Rembuk Stunting

Tidore21 views

AKSESNEWS.COM, TIDORE – Dalam Rangka Penyusunan Rencana Aksi Penurunan Stunting Tahun 2024, Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan menggelar Acara Rembuk Stunting Kota Tidore Kepulauan Tahun 2023 yang dibuka langsung oleh Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen bertempat di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota, Kamis (6/7/2023).

Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen menyampaikan bahwa Rembuk Stunting merupakan langkah penting untuk memastikan pelaksanaan rencana kegiatan intervensi pencegahan dan penurunan stunting yang dilakukan secara bersama-sama antara OPD penanggung jawab layanan, dengan sektor/lembaga non pemerintah dan masyarakat.

Lanjut Muhammad Sinen, Berdasarkan hasil analisis situasi dan rekomendasi, adapun jumlah desa/kelurahan lokus stunting di Kota Tidore Kepulauan pada tahun 2023 di tetapkan sebanyak 22 desa/kelurahan lokus. Dan pada tahun 2024 ditetapkan sejumlah 12 desa/kelurahan yang tersebar di 6 kecamatan di Kota Tidore Kepulauan.

Dikesempatan ini juga Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen sekaligus Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting Kota Tidore Kepulauan menekankan bahwa melalui rembuk ini, semua pihak perlu bekerja sama dalam mendukung terwujudnya masyarakat dengan konsumsi gizi seimbang, percepatan perbaikan gizi, pemenuhan sanitasi dasar dengan menyusun rencana kegiatan penganggaran seuai lokus yang kita sepakati bersama, dan akan diperluas secara bertahap dengan upaya yang maksimal kita mendapatkan hasil yang baik dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat, produktif dan berdaya saing khususnya bagi masyarakat di Kota Tidore Kepulauan.

Wakil Walikota dua priode ini berharap bahwa perlu adanya kerja sama dari seluruh stakeholder dalam rembuk stunting ini butuh kerja sama serta proaktif, proaktif dalam segala hal untuk bagaimana cara mengatasi penurunan stunting Tahun 2024 ini butuh keseriusan dan tanggung jawab kita bersama

Sementara Plt Kepala Bapelitbang Kota Tidore Kepulauan Saiful Bahri Latif dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah memastikan pelaksanaan rencana kegiatan intervensi pencegahan dana penurunan stunsting di lakukan secara bersama-sama antara OPD penanggung jawab layanan dengan sektor /Lembaga non pemerintah dan masyarakat, serta deklarasi komitmen pemerintah daerah Kota Tidore Kepulauan dan komitmen public dalam kegiatan pencegahan dan penurunan stunting terintegrasi.

Turut hadir Ketua I Tim Penggerak PKK Ibu Hj. Rahmawati Muhammad Sinen, Forum Kordinasi Pimpinan Daerah Kota Tidore Kepulauan, Para Staf Ahli Walikota, Para Asisten Sekda, Pimpinan OPD, Para Camat, Kepala Desa, Lurah serta Kepala Puskesmas Se – Kota Tidore Kepulauan.

Acara dilanjutkan Penandatangan Komitmen Bersama Percepatan Penurunan Stunting Cepat, Tepat dan Pasti Cegah Stunting” Kota Tidore Kepulauan Tahun 2023 serta pemaparan materi yang disampaikan oleh Plt Kepala Bapelitbang Kota Tidore Kepulauan Saiful Bahri Latif dan Kepala Dinas Kesehatan Abd. Majid Do M. Nur.(HMS/NT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *