Jelang Idul Adha, Stok Rica Dan Tomat Dari Petani Masih Bisa Memenuhi Kebutuhan Masyarakat

Tidore343 views

AKSESNEWS.COM, TIDORE – Jelang hari raya Idul Adha 1445 H/2024 M. Dinas Pertanian kota Tidore Kepulauan pastikan jumlah panen petani rica dan tomat di kota Tidore Kepulauan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian Kota Tidore Kepulauan Fauzi Robo  saat dikonfirmasi (13/6)

Menurut Fauzi, Kebutuhan tomat dan rica pada Minggu ke 2 bulan Juni ini berdasarkan data yang ada maka bisa memenuhi Kebutuhan masyarakat saat Idul Adha Nanti.

Lanjutnya, Ada beberapa Kecamatan yang sudah memasukan data terkait dengan petani tomat dan rica sehingga bisa dipastikan kebutuhan nya bisa mencukupi sampai pada bulan Agustus mendatang.

“data yang kami terima sekarang ada beberapa yang sudah kami terima dari kecamatan sehingga bisa di bilang kebutuhan tomat dan rica bisa terpenuhi sampai Agustus” ujarnya.

kata Fauzi, Untuk rica dan tomat yang sementara tanam juga ada sehingga stok itu dia selalu berkesinambungan dan tetap ada.

“Untuk panenan  cabai dan tomat di kecamatan Tidore timur cabai yang dipanen itu mencapai 532 kilogram sedangkan tomat mencapai 2657 kilogram, sedangkan kecamatan Tidore Selatan sendiri untuk cabai mencapai 336 kilogram sedangkan tomat 613 kilogram untuk kecamatan Tidore Utara pemanenan cabai untuk bibit bantuan DID mencapai 125 kilogram, tomat 372 kilogram sedangkan untuk bibit swadaya mencapai 55 kilogram untuk cabai dan tomat 187 kilogram. Itupun dari petani yang lain baru masuk awal panenan ” Kata Fauzi

Sementara daratan Oba sendiri dirinya juga  mengatakan produksi yang dihasilkan oleh petani masih sangat stabil walaupun sampai pada saat ini laporan hasil panen petani oba Selatan belum kantongi Karena terkendala jaringan.

“Hasil panen dari bibit bantuan DID untuk kecamatan Oba Utara, untuk cabai mencapai 144 kilogram dan tomat 3520 kilogram sedangkan untuk bibit swadaya sendiri mencapai 33 kilogram untuk cabai. untuk tomat bisa mencapai 654 kilogram sedangkan di kecamatan Oba, hasil panen cabai dan tomat untuk bibit bantuan DID, Bisa mencapai 40 kilogram cabai, sementara tomat mencapai 35 kilogram. sedangkan untuk bibit swadaya sendiri,  20 kilogram untuk pemanenan cabai dan tomat sebanyak 5 kilogram dan kecamatan Oba Tengah untuk bibit bantuan produksi cabai mencapai 124 kilogram dan untuk tomat 450 kilogram Dan bibit swadaya untuk produksi cabai mencapai 215 kilogram “Pungkasnya(*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *