Dukung Pelaku UMKM Dalam Meningkatkan Produk Lokal, Syofyan Saraha Gagas Koin Mitra

Tidore58 views

AKSESNEWS.COM, TIDORE – Upaya mendukung pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam meningkatkan produk lokal daerah, Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra DR. Syofyan Saraha yang juga sebagai salah satu peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan I Tahun 2024 menggagas sebuah Proyek Perubahan yang diberi nama “Koin Mitra” sebagai salah satu Marketplace yang diharapkan dapat membantu pemasaran produk lokal bagi UMKM di Kota Tidore Kepulauan.

Proyek perubahan Marketplace Koin Mitra tersebut disosialisasikan kepada para Pelaku UMKM Kota Tidore Kepulauan yang dikemas dalam Focus Group Discussion (FGD) tentang Kolaborasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan Pelaku UMKM dalam meningkatkan produk lokal daerah melalui Koin Mitra, FGD ini dibuka secara resmi oleh Plh. Sekretaris Daerah Yakub Husain di Aula Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kota Tidore Kepulauan, Kelurahan Indonesiana, Kamis (27/6/2024).

Dalam sambutannya, Yakub Husain menyampaikan, upaya pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah ini, Pemerintah Daerah menyadari betul masih banyak kekurangan, baik itu kekurangan dari Pemerintah Kota Tidore Kepulauan sendiri maupun dari para Pelaku UMKM, masalah yang timbul biasanya beragam mulai dari izin usaha, promosi, pemasaran produk hingga fasilitas, namun hal yang paling penting adalah pemahaman teknologi bagi para pelaku UMKM.

“Pelaku UMKM harus bisa memahami teknologi dan memahami regulasi tentang wirausaha, sehingga dapat menghadapi permasalahan yang ada, selain itu sinergi dan kolaborasi dari semua pihak juga penting dalam rangka pengembangan UMKM, mudah-mudahan program pengembangan market place Koin Mitra ini menjadi kerja kolaborasi yang dapat menjawab permasalahan UMKM di Kota Tidore Kepulauan, juga meringankan promosi dan pemasaran produk UMKM,” Tutur Yakub.

Reformer atau Project Leader Koin Mitra, Syofyan Saraha dalam kesempatan tersebut mengatakan, kolaborasi ini akan dimulai dari OPD di lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, berangkat dari permasalahan produk UMKM yang hanya akan laku jika ada event besar, maka permasalahan tersebut akan coba dicarikan solusinya dengan terobosan marketplace Koin Mitra ini, dimana setiap  kegiatan yang melekat pada OPD juga bisa berdampak ke UMKM.

“Jika setiap produk hanya akan laku dan dipasarkan pada saat ada event besar, maka ketika tidak ada event, produk akan cenderung kurang peminatnya, jika harus mengadakan event besar setiap saat juga membutuhkan anggaran yang besar, maka dengan adanya Koin Mitra ini sebagai Marketplace yang akan meringankan atau membantu para UMKM untuk memasarkan produknya, kita akan berkolaborasi dengan setiap OPD,” Jelas Syofyan.

Syofyan menambahkan, ada kegiatan-kegiatan OPD yang memerlukan makan minum bahkan buah tangan atau oleh-oleh, dengan adanya kolaborasi ini, pada kegiatan tersebut diusahakan agar makan minum atau bahkan buah tangan untuk para tamu yang datang, bisa menggunakan produk lokal UMKM Kota Tidore Kepulauan, dimana produk-produk UMKM tersebut harus termuat di dalam Marketplace Koin Mitra, yang juga dijadikan sebagai wadah komunikasi antara pelaku UMKM dan Konsumen.

“Mudah-mudahan apa yang didiskusikan hari ini, insyaAllah juga akan berlanjut pada pemanfaatan Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kota Tidore Kepulauan untuk para pelaku UMKM, FGD ini dilakukan dalam rangka kolaborasi antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan pelaku usaha UMKM, karena ini tahap awal maka dikhususkan untuk UMKM di Bidang Kuliner dan Kriya terlebih dahulu, seperti yang kami undang hari ini yaitu pelaku usaha UMKM Kuliner dan Kriya,” Imbuh Syofyan.

Focus Group Discussion (FGD) tentang Kolaborasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan Pelaku UMKM dalam meningkatkan produk lokal daerah melalui Koin Mitra ini juga dijadikan sebagai forum penyamaan persepsi antara OPD dan Pelaku UMKM, dan selanjutnya akan dijalankan dengan kolaborasi antara OPD dengan UMKM untuk meningkatkan produksi lokal UMKM Kota Tidore. Sebagai reformer, di kesempatan tersebut Syofyan Saraha juga memaparkan syarat-syarat untuk Pelaku UMKM agar dapat bergabung di dalam Market Place Koin Mitra.(HMS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *