Bupati Pulau Morotai Kunker ke Kecamatan Pulau Rao, Ini Tujuannya

Bupati Pulau Morotai Benny Laos didampingi beberapa pimpinan OPD dan Camat Pulau Rao saat persiapan peletakan batu pertama kantor kecamatan pulau Rao


MOROTAI – Bupati Pulau Morotai, Benny Laos didampingi beberapa pimpinan OPD melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kecamatan Pulau Rao, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara pada Jumat (20/8/2021).

Hal tersebut disampaikan Kabag Humas Setda Pulau Morotai, M Takdir Abd Azis, melalui rilis seperti dilansir pada laman TIMES Indonesia, Sabtu (21/08/2021).

Menurut Kabag Humas, bahwa Bupati Pulau Morotai melakukan kunjungan kerja ke desa Leo-Leo, Ibu Kota Kecamatan Pulau Rao dalam rangka Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kantor Kecamatan, meresmikan rumah khusus tipe 36 sebanyak 50 unit dan meninjau Puskesmas serta Sekolah Unggulan.

Dalam sambutan Bupati menyampaikan, peletakan batu pertama Kantor Kecamatan Pulau Rao adalah titik awal untuk menjadikan pemerintah kecamatan ini menjadi utuh.



“Kalau pembangunan Kantor Camat sudah selesai dibangun saya berharap di sebelahnya ada Kantor Polsek dan sebelahnya lagi Kantor Koramil, dengan demikian kawasan pemerintahan menjadi satu sentral pelayanan masyarakat yang terintegrasi di sini,” harapnya.

Disebutkan, banyak fasilitas sudah dibangun di Pulau Rao. Saat ini tinggal penyelesaian Kantor Camat, jembatan, jalan yang belum diaspal beberapa titik, dan pemasangan ATM di Desa Leo-Leo, karena di Desa Posi-Posi ATM sudah ada.

“Saya sudah koordinasi dengan pihak Bank minta untuk segera pasang ATM di Desa Leo-Leo. Dan saya tambahkan Tower Telkom Bakti, 4G. Harapannya, semua pelayanan diberikan Pemda agar kebutuhan terpenuhi,” katanya.

Menurut Bupati, dengan mulainya Kantor Kecamatan dibangun, sudah harus ada kesadaran masyarakat terhadap arti dari sebuah pembangunan, pemerintah dan masyarakat.

Adanya pemerintah adalah untuk menciptakan kenyamanan bagi masyarakat, pemerintah bertindak sebagai fasilitator dan regulator untuk mengeluarkan Peraturan-Peraturan yang mengacu pada ketentuan Unang-undang yang lebih tinggi untuk kepentingan masyarakat.

Tujuannya, untuk mengatur pemerintah yang baik alias tidak korupsi, makanya pemerintah kecamatan juga menjadi fasilitator, yakni memfasilitasi apa yang menjadi kepentingan masyarakat, karena tugas pemerintah adalah melayani.

Menurut Bupati, paradigma lama harus dibuang, karena pemerintah ini bukan pejabat, tetapi pelayan semua masyarakat.

“Nah, oleh sebab itu masyarakat sebagai raja juga harus sadar diri, Sebab apa yang dikerjakan pemerintah itu untuk kepentingan masyarakat jadi saling mengerti, karena Pemerintah Kecamatan membawahi 6 Desa dengan jumlah penduduk kurang lebih 77.000 Penduduk,” tegasnya.

Dengan keterbatasan, kata Bupati, tetapi hari ini Pemerintah telah memudahkan semuanya yang menjadi hak dasar masyarakat telah diberikan. Masyarakat mulai dari lahir sampai meninggal mendapat bantuan di Kabupaten Pulau Morotai.

Di kesempatan itu, Bupati juga berjanji akan segera membuat jalan tani, menambah fasilitas pendidikan, memberikan bantuan armada tangkap serta rumpon bagi nelayan, meminta masyarakat menanam holtikultura berupa bawang, rica dan tomat serta meminta masyarakat yang belum menempati rumah tipe 36 gratis agar segera ditempati.

“Dan bagi masyarakat yang belum punya rumah, belum menerima bantuan, tetapi punya lahan dapat kumpulkan KTP dan Kartu Keluarga sebagai syarat menerima bantuan gratis RTLH dari Pemda untuk membangun rumah sendiri,” ujarnya.

Bupati juga memohon kepada masyarakat atas kerja samanya dalam mengikuti vaksinasi dan jangan percaya hoaks sehingga memprovokasi masyarakat. Karena vaksin Covid-19 tujuannya baik, agar masyarakat dapat leluasa dalam beraktifitas ketika herd imunity sudah tercipta.

Bupati berharap, kemajuan di Pulau Rao dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, Fasilitas yang sudah dibangun Pemerintah tolong dijaga, karena pelayanan Kesehatan sudah bagus, Pendidikan juga sudah bagus, dan di malam hari listrik juga sudah bagus.

“Untuk itu, seluruh fasilitas yang sudah dibangun pemerintah tolong dijaganya, semua untuk kepentingan bersama. Mari saling mendukung, karena hari ini Pulau Rao sudah Utuh Menjadi Kecamatan,” tutup Bupati Pulau Morotai. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *