Resmi buka pendaftaran, Wa Zaharia Harap pelaku UMKM Malut bisa ikut Sukseskan Sail Tidore 2022

Ekonomi358 views

AKSESNEWS.COM, SOFIFI – Panitia Daerah Provinsi Maluku Utara Bidang Pameran Sail Tidore resmi membuka pendaftaran untuk para pelaku UMKM, Pendaftaran tersebut dimulai dari 27 Oktober – 17 November tahun 2022 mendatang.

“Pendaftaran ini baru disampaikan setelah panitia Sail Tidore bidang pameran melakukan rapat koordinasi bersama pemerintah Kota Tidore Kepulauan dan pemerintah Provinsi Maluku Utara beberapa waktu lalu.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Maluku Utara, Wa Zaharia selaku Ketua Bidang Pameran Sail Tidore Tahun 2022 saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Rabu (2/11/22).

Dari hasil rapat, menurut Wa Zaharia, panitia kemudian menyepakati bahwa link pendaftaran harus disebar sejak Kamis (27/10), tetapi terlebih dahulu untuk wilayah Kota Tidore Kepulauan sampai dengan tanggal 3 November.

Karena itu, link pendaftaran sudah diberikan kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Koperasi dan usaha kecil menengah (Disperindagkop UKM) Kota Tidore Kepulauan sejak Kamis lalu, “katanya.

Sementara, untuk 9 (sembilan) kabupaten kota di Maluku Utara link pendaftaran akan mulai disebarkan melalui media online maupun grup WhatsApp SKPD dan grup pelaku UMKM yang ada di kabupaten kota untuk mulai mendaftar pada tanggal 4-17 November mendatang.

“Pendaftaran tersebut dapat dilakukan secara online oleh masing-masing pelaku usaha melalui link yang telah dibuat oleh panitia lokal.

Meski begitu, dalam pendataan ini sudah pasti mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh panitia, hal itu karena ini merupakan kegiatan yang berskala nasional maka pameran produk UMKM akan diseleksi untuk masuk dialokasi Sail Tidore, tepatnya di pantai Tugulufa, Kota Tidore Kepulauan, “ungkap Wa Zaharia.

Usai penutupan pendaftaran, kemudian baru akan ditayangkan siapa saja yang lolos dan berhak untuk menempati stan yang telah disediakan sebanyak 100 unit stand, dan itu disediakan secara gratis untuk Pelaku UMKM.

Sementara untuk lokasi terbagi menjadi dua. Dimana, sebelah ruas jalan bagian dara pantai Tugulufa ditempati stan pameran lokal yang menjadi tanggung jawab kami panitia bidang pameran provinsi dan beberapa OPD terkait serta panitia kerja di Kota Tidore, dan untuk lokasi pameran nasional akan dibuat berdekatan dengan SPBU, dan itu dikoordinir oleh Kementerian Perdagangan RI.

Wa Zaharia menambahkan, untuk pemasangan stan akan dimulai pada tanggal 20 -21 November, dan rencana pembukaan di tanggal 24 sampai dengan penutup tanggal 29 November.

Selain stan, pemerintah Kota Tidore melalui Disperindagkop UKM juga akan menyediakan tempat terpisah untuk pedagang kali lima yang ingin berjualan berdekatan dengan lokasi Sali Tidore.

Dengan optimis, Wa Zaharia mengatakan bahwa Panitia bidang pameran sudah sudah siap untuk mensukseskan Sali Tidore 2022.

Ia berharap, melalu kegiatan ini
semua pelaku UMKM yang ada di kabupaten kota dapat mengambil kesempatan untuk memamerkan produk hasil olahan mereka ke pameran Sail Tidore. Apalagi ini level internasional, “jadi UMKM harus mengambil kesempatan apalagi ini promosi secara gratis, “harapnya.

Selaku Kepala Dinas Koperasi dan UKM sekaligus sebagai Ketua Panitia Lokal Bidang Pameran, Saya berharap agar semua pelaku UMKM mau memanfaatkan Sail Tidore, sehingga dapat dikenali oleh provinsi lain maupun mancanegara, “tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *