Kemampuan Kreativitas dan membaca peluang pasar Jadi Penentuan keberhasilan Pelaku UMKM

Ekonomi7 views

AKSESNEWS.COM, SOFIFI – Pemerintah Provinsi Maluku Utara melalui Dinas Koperasi dan UKM mengelar Diklat Penyusunan Laporan RAT Bagi Pengurus Koperasi dan Diklat Desain Kemasan Produk Bagi UMKM Tahun 2023, bertempat di Aula Penginapan Yusmar Sofifi, Selasa (12/12/23).



Kepala Dinas Koperasi dan UKM Maluku Utara, Wa Zaharia dikesempatan itu mengingatkan agar setiap pelaku usaha Koperasi, Pengelola maupun pengurus harus memiliki kemampuan manajerial dan memahami laporan keuangan standar akutansi khusus.

Menurut Wa Zaharia, dengan adanya kemampuan tersebut pelaku usaha dapat merealisasikan dan mengembangkan usaha koperasi dengan tepat dan benar, “ujarnya.

Dikatakan, kemajuan suatu usaha baik koperasi maupun UKM bukan saja ditentukan oleh pemerintah atau lembaga keuangan yang memberikan pinjaman, akan tetapi lebih dari itu adalah kemampuan kreativitas dan mampu membaca peluang pasar.

Karena itu, untuk mewujudkan KUKM yang benar-benar berkualitas tentunya sangat tergantung dari Kesiapan SDM untuk mengelola usaha Koperasi.

“Salah satu tolak ukur dalam penilaian kesehatan kelembagaan dan usaha koperasi baik atau tidak bisa dilihat dari rapat anggota tahunan (RAT), “katanya.

Hal tersebut karen rapat ini merupakan forum bertemunya komponen koperasi atau pengurus pengawas, anggota yang sifatnya wajib dilaksanakan secara periodik sesudah tutup tahun buku.

Untuk itu, kata Wa Zaharia menegaskan, RAT koperasi menjadi agenda penting bagi koperasi dan untuk membangun koperasi yang sehat berdaya saing serta unggul.

Selain RAT,  pelaku usaha yang mengikuti Diklat desain kemasan produk, daya saing untuk peningkatan usaha tidak hanya kualitas dan manfaatnya saja, tetapi dilihat dari seberapa kreativitasnya mendesain produk yang dimiliki.

Sebab itu, dalam bidang pemasaran sudah tentu desain produk menjadi sangat penting untuk menarik para calon customer. Begitu juga dengan desain kemasan produk yang berpengaruh pada pengembangan usaha.

Manfaat dari desain kemasan produk sangat berpengaruh pada usaha antara lain dapat memberikan nilai lebih dari produk, mampu memberikan daya saing produk, menjadi faktor penentu kesuksesan usaha, dan juga peningkatan pendapatan usaha.

“Kami sangat berharap peserta diklat penyusun laporan tahunan dan Diklat desain kemasan bagi UMKM, nantinya bisa diaplikasikan pada usaha koperasi maupun para pelaku usaha UMKM yang ada di kabupaten kota di Maluku Utara.

Semoga apa yang dilakukan pada hari ini memberi manfaat dalam pemberdayaan Koperasi dan UKM dalam mendukung perbaikan kinerja perekonomian kita, “pungkasnya. (M)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *