Jalan EX Telkom Ternate dipenuhi Tumpukan Sampah Jadi keluhan Warga

Maluku Utara30 views

AKSESNEWS.COM, TERNATE – Warga RT 4 dan RT 5 Kelurahan Sasa, Kota Ternate, Maluku Utara, keluhkan persoalan sampah rumah tangga yang menumpuk di tepi jalan EX Telkom di komplek itu yang dibunag bukan pada tempatnya.

Selain menumpuk, sampah juga jarang diangkut oleh petugas dari Dinas Kebersihan Pemkot Ternate.
Keberadaan sampah itu menimbulkan bau tak sedap bagi warga yang tinggal disekitar lokasi itu.

Tak hanya itu keberadaan sampah itu juga mengganggu separu bandan jalan untuk dilewati para penguna jalan, jalan sudah menjadi tempat sampah umum.

Hamida, salah satu warga Sasa RT 4 yang beraktifitas sebagai penjualan ikan asap di tepi jalan itu mengaku, tumbukan sampah ini disebabkan ada warga diluar komplek yang datang membuang sampah pada malam hari saat situasi sepi.

“Nanti malam dorang datang buang sampah disini, jadi pagi itu sotampuk. Buang sampah disini sudah lama, ya sanggat mengganggu karena bau busuk,” kata Hamdida, Selasa (8/11/22).

Bahkan Ia mengaku, tepi jalan tersebut sudah cukup lama dijadikan tempat pembuangan sampah. Tak hanya itu keberadaan sampah juga terbilang minim untuk diangkut oleh petugas Kebersihan.

“Sudah berapa hari ini mobil sampah tidak datang untuk angka disini, sampah yang tertumpuk warga sendiri yang angkat buang ditempat lain,” ucapnya.

Keluhan ini tak hanya warga RT 4 dan RT 5, namun juga pengendara yang melewati jalan itu, mereka mengeluhkan bau tak sedap dan sangat mengganggu jalan saat mereka lewati.

“Ini sangat mengganggu sekali karena saat kita lewat bau busuk, kemudian sampah juga mengganggu kita saat belok masuk dari jalan utama karena langsung dapat tumpukan sampah,” ungkap Mail, pengguna jalan.

Warga setempat dan penguna jalan berharap agar pemerintah Kelurahan hingga RT agar mengatasi persoalan ini, karena selain menggangu aktifitas mereka juga berdampak pada kesehatan tubuh.

“Saya sebagai penguna jalan, ya berharap Pak RT dan Pak Lurah bisa atasi hal ini, jangan biarkan jalan jadi tempat sampah umum. Mereka harus melapor ke Dinas Kebersihan agar bisa diangkut,” harap Mail. (SMG/AN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *