Dinas PPPA Lakukan Rapat Penguatan GT-TPPO Maluku Utara

Maluku Utara16 views

AKSESNEWS.COM, TERNATE – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Maluku Utara (DPPPA Malut) mengelar rapat Penguatan Gugus Tugas Pencegahan dan Penangan Tindak Pidana Perdagangan Orang (GT-TPPO) Provinsi Malut Tahun 2022, bertempat di Gaia Hotel Ternate, Selasa (13/12/2022).



Asisten II Gubernur Bidang Ekonomi dan Administrasi Pembangunan, Sri Haryanti Hatari menyampaikan, jika dilihat berdasarkan Undang-undang Nomor 21 tahun 2007 tentang pemberantasan TPPO, tak lain untuk bertujuan agar kita bisa bekerja dengan peraturan pemerintah.

Seperti halnya kita di daerah yang juga mengacu pada peraturan daerah provinsi Malut nomor 4 tahun 2019 tentang pencegahan dan Penanganan Korban Perdagangan Orang.

Meski begitu, Sri Haryanti Hatari mengingatkan kalau Perda saja tidak cukup, karena jika bekerja Perda tersebut masih secara umum. Olehnya itu, perlu ditindaklanjuti dengan peraturan Gubernur sehingga kita dapat mengetahui apa saja yang biasa kita lakukan.

Ia berharap, melalui kegiatan ini kita bisa melakukan penguatan terhadap gugus tugas, kemudian saling memberikan informasi dan terhadap penguatan kelembagaan melalui rapat penguatan GT-TPPO.

Karena itu, saran dan masukan sangat diperlukan guna biasa di lakukan penguatan sehingga menjadi rekomendasi untuk program kegiatan di tahun 2023 yang akan dilakukan Dinas PPPA Malut, “ujar Sri Hartati Hatari saat memimpin rapat tersebut.

Sementara, Kepala Dinas PPPA Malut Musrifah Alhadar menyampaikan bahwa tujuan dari rapat ini untuk meningkatkan pemahaman bagi anggota dan peningkatan kapasitas anggota gugus tugas maupun aparatur penegak hukum sekaligus memperkuat koordinasi dalam Penagan kasus TPPO.

“Melalui kegiatan ini, kami sangat berharap ada poin -point penting yang bisa menjadi masukan maupun kesepakatan terkait GT-TPPO, hal ini karena data terkait GT-TPPO di Malut sampai saat ini belum ada, “ujar Musrifah.

Sebelumnya, Saya telah berkoordinasi dengan unit PPA Polda Malut, namun datanya tidak ada. “Semoga melalui rapat ini kita semua bisa bekerja lebih baik lagi, “pungkasnya.

Tampak hadir pada rapat Penguatan GT-TPPO Malut, melibatkan instansi vertikal, akademisi, LSM serta Organisasi Perangkat Daerah terkait di lingkungan provinsi Malut dan UPTD PPA Malut. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *