Guna Mendukung Kualitas Pelayanan Pemerintah Desa, Iswan Salim Gagas Aplikasi ‘Digali Desa’

Tidore15 views

AKSESNEWS.COM, TIDORE – Dalam rangka memaksimalkan peningkatan kualitas pelayanan penyelenggaraan Pemerintah Desa, serta mendorong peningkatan capaian kinerja pemerintah desa di Kota Tidore Kepulauan, akan hadir sebuah aplikasi Penilaian Kinerja Desa berbasis Digital.

Aplikasi Penilaian Kinerja Desa berbasis Digital itu, diberi nama ‘DIGALI DESA’’, Aplikasi ini adalah sebuah inovasi yang di Gagas melalui Aksi Perubahan Kepala Bidang Bina Pemerintahan Desa Iswan Salim, S.Sos, M.Si yang saat ini mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator pada Pusat Pengembangan SDM Kementerian Dalam Negeri, Regional Makassar.

Tema Aksi Perubahan ini adalah tentang Kinerja Pemerintah Desa. “Tema ini bukan merupakan sebuah tema baru, tetapi ia menjadi topik yang menarik untuk dibahas di tengah hiruk pikuk perbincangan publik tentang kinerja pemerintah desa dalam mewujudkan good governamant, ditengah dialetika itulah Aksi Perubahan ini hadir,” ungkap Iswan, saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Selasa, (4/4/23)

Ia menambahkan, Aksi Perubahan ini telah mendapat persetujuan dari Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Tidore Kepulauan, selaku mentor dan dukungan dari seluruh Kepala Desa di Kota Tidore Kepulauan.

“Lahirnya Inovasi ini dilatarbelakangi dari Kondisi penyelenggaraan pemerintahan desa di Kota Tidore Kepulauan yang saat ini belum sepenuhnya menggambarkan dan memberikan informasi atas capaian kinerja desa yang berorientasi hasil (Outcome),” jelasnya.

Selain itu, Dinas Pemberdayaan dan Desa dalam pelaksanaan pembinaan, pengendalian dan evaluasi kinerja pemerintah desa belum dapat memberikan kontribusi yang berarti terhadap peningkatan dan perbaikan kinerja pemerintah desa, pelaksanaan evaluasi/penilaian kinerja yang dilakukan selama ini masih secara manual dan hanya sebatas outpout serta penyerapan anggaran.

Sementara, Kepala Dinas PMD Kota Tidore, Abd. Rasyid AW Umar, berharap, melalui Inovasi yang di Gagas Iswan Salim in, dapat meberikan manfaat dan kontribusi nyata terhadap peningkatan dan perbaikan kinerja Desa, selain itu Inovasi DIGALI DESA yang berbasis Digital ini akan menciptakan efisiensi anggaran yang cukup besar terhadap pelaksanaan evaluasi kinerja desa

Untuk diketahui, Aplikasi DIGALI DESA ini juga akan menyediakan data kinerja seluruh desa bagi stakeholder yang berkepentingan, serta Masyarakat akan dapat mengetahui secara langsung capaian kinerja Pemerintah Desanya. Sehingga dapat meningkatkan peran aktif masyarakat untuk turut mengawasai penyelenggaraan pemerintahan Desa di Kota Tidore Kepulauan. (NT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *