PLN UIW MMU Pastikan Listrik Andal saat Upacara Detik-detik Proklamasi HUT RI ke-78

Daerah60 views

AKSESNEWS.COM, AMBON – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) memastikan keandalan pasokan listrik saat upacara detik-detik proklamasi Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Hal itu dipastikan General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula saat mengecek di lapangan kesiapan tenaga listrik untuk Upacara Kemerdekaan ke 78 RI di Lapangan Merdeka, Kota Ambon , Rabu (16/8/2023).

Pengecekan sistem kelistrikan ini bertujuan untuk memastikan pasokan energi listrik dalam keadaan aman jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke 78 RI pada 17 Agustus mendatang.

“Saat kami melakukan pengecekan lapangan, kami pastikan bahwa semua peralatan kelistrikan dalam kondisi aman dan baik. Kami pun siap menghadirkan listrik tanpa kedip di momen berharga ini,” ujar Awat.

PLN bahkan menyiagakan fasilitas, berupa UPS dan Genset 100 kW sebagai langkah sigap dan dipastikan sistem kelistrikan disuplai aman tanpa kedip.

Awat menyebutkan, PLN UIW MMU mempunyai 125 sistem dengan total Daya mampu sebesar 353,23 MW, Beban Puncak sebesar 232,06 MW, dan cadangan daya 121,17 MW.

Tak tanggung-tanggung 1.153 personel yang terdiri dari pegawai PLN, petugas Pelayanan Teknik (Yantek), dan Operator Pembangkit diturunkan untuk bersiaga di 42 Posko Siaga yang tersebar di masing-masing unit operasional. Selain itu juga dukungan fasilitas kendaraan roda empat sebanyak 132 dan 59 kendaraan roda dua yang siap meluncur jika ada gangguan kelistrikan.

“Tak hanya itu, kami juga menyiagakan perlengkapan pasokan backup seperti UGB, UPS, Genset, peralatan kerja, SOP, dan basic communication selama masa siaga ini,” tuturnya.

Dia menambahkan, semua personel dalam kondisi prima dan berkomitmen siap mengawal keamanan pasokan listrik. Terutama petugas Command Center yang bersiaga ketika ada laporan dari petugas lapangan, atau bahkan masyarakat terkait dengan gangguan kelistrikan.

“Untuk itu, kami juga mengimbau masyarakat pelanggan listrik PLN agar segera melapor jika terjadi gangguan kelistrikan melalui aplikasi PLN Mobile. Petugas Command Center akan bergerak cepat begitu ada laporan masuk, karena titik pelanggan terbaca langsung di sistem kami,” sambungnya.

Bagi pengendara kendaraan listrik juga tak perlu khawatir, karena terdapat 3 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik UmumS (SPKLU) yang tersebar di UIW MMU. Yakni, di ULP Ambon Kota, ULP Kairatu, dan ULP Ternate.
Semua akan menjadi titik-titik siaga terhadap kebutuhan listrik masyarakat yang semakin meningkat dan variatif.

Komitmen PLN untuk selalu menjaga keandalan pasokan listrik akan dilaksanakan secara kontinyu demi mendukung visi perusahaan sebagai perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara dan pilihan pelanggan untuk solusi energi. (rls/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *