Sembilan Siswa SMA di Maluku Utara ikut OSN Tahun 2023 di Bogor

Pendidikan216 views

AKSESNEWS.COM, BOGOR – Sebanyak 9 peserta jenjang SMA/MA yang mewakili Maluku Utara, siap bersaing dengan 900 peserta dari 38 provinsi pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang akan berlangsung di Bogor, Senin 27 sampai 2 september 2023 mendatang.

OSN sendiri adalah ajang berkompetisi bagi pelajar Indonesia dalam bidang sains yang diikuti oleh para siswa pada jenjang SD, SMP, dan SMA. Siswa yang mengikuti OSN itu adalah siswa yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten, kota dan provinsi serta siswa-siswa terbaik dari provinsinya masing-masing.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku Utara Imam Makhdy Hassan berharap peserta OSN tahun 2023 dapat meningkatkan wawasan siswa serta mampu menambah pengalaman yang memuaskan melalui Olimpiade Sains Nasional.

Dikatakan, kegiatan ini juga sebagai dari upaya komprehensif dalam menumbuh kembangkan budaya belajar, kreatifitas dan motivasi berprestasi. Hal ini sesuai dengan Moto OSN 2023, “Merdeka Berpretasi Talenta Sains Menginspirasi”.

Selain itu, kami juga berharap para siswa yang ikut berkompetisi bisa membawa harum nama Provinsi Maluku Utara di tingkat nasional melalui prestasi yang ditorehkan, “pungkasnya.

Sementara, Kepala Seksi Peserta Didik Bidang Pembinaan SMA di Maluku Utara, Astitin Andili, S.Sos. saat dikonfirmasi mengatakan, OSN jenjang SMA dan MA Tahun 2023 terdiri dari 9 (sembilan) bidang yang akan dilombakan yaitu bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi, “ujarnya.

Dari seluruh cabang lomba, semuanya diikuti oleh sembilan peserta dari Maluku Utara, dan didampingi langsung oleh Kasie Peserta Didik selaku ketua Kontingen dan Pendamping Kasie Kurikulum, Ramli Kamaludin, S.Pd.,M.Si. dan dirinya.

Untuk diketahui, peserta yang mewakili Maluku Utara untuk mengikuti ajang kompetisi Olimpiade Sains Nasional diantaranya;

1. Qisthi Adinegara Putra Sanaky asal sekolah SMAN 1 Kota Ternate dengan mata lomba yang diikuti adalah Ekonomi.

2. Muhammad Fakih Sahman asal sekolah SMAN 8 Kota Ternate dengan mata lomba yang diikuti adalah Geografi.

3. Shasya Azhaliyah Drakel asal sekolah SMAN 3 Tidore Kepulauan dengan mata lomba yang diikuti adalah Astronomi.

4. Ariqah Rifat Rafilah asal sekolah MAN Insan Cendekia Halmahera Barat dengan mata lomba yang diikuti adalah Matematika.

5. Fajar Ramadhan asal sekolah MAN Insan Cendekia Halmahera Barat dengan mata lomba yang diikuti adalah Fisika.

6. Putri Izzatullah Khairunnisa asal sekolah MAN Insan Cendekia Halmahera Barat, dengan mata lomba yang diikuti adalah Informatika/Komputer.

7. Aprilia Umaternate asal sekolah MAN 1 Sula Kabupaten Kepulauan Sula dengan mata lomba yang diikuti adalah Kimia.

8. Luluk Krisnawati asal sekolah SMAN 2 Halmahera Timur dengan mata lomba yang diikuti adalah Biologi.

9. Arifan Sifa Anggara asal sekolah SMAN 2 Halmahera Timur dengan mata lomba yang diikuti adalah Kebumian. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *