TPID Sidak Harga Barito Di Pasar Gosalaha

Tidore8 views

AKSESNEWS.COM, TIDORE – Untuk mengantisipasi isu nasional terkait kenaikan harga sembako maupun Bawang, Rica, Tomat (Barito), Pemerintah Daerah melalui tim teknis Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Tidore melakukan inspeksi mendadak (Sidak) dipimpin oleh Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan pembangunan Taher Husain bersama Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi Pembangunan dan Keuangan Abdul Hakim Adjam bersama pimpinan OPD terkait memantau harga sembako dan Barito, di Pasar Rakyat Gosalaha, Selasa (10/10/2023).

Dalam pantauan tersebut terdapat kenaikan harga pada Cabe rawit dimana pada awalnya cabe rawit dengan harga Rp. 80.000 Per kilo sekarang berada pada harga Rp. 100.000 per kilo, sedangkan telur ayam ras mengalami penurunan harga yang awalnya seharga Rp. 2.200,00 hingga Rp.2.300,00 per butir sekarang mencapai harga Rp. 2.000,00 hingga Rp.2.100,00 per butir. Disamping itu juga, stok komoditi lainnya masih tetap stabil.
Usai memantau perkembangan harga dipasar, Asisten Sekda bidang perekonomian dan pembangunan Taher Husain mengatakan, pemantauan ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti hasil rakor insflasi mingguan yang saat ini menjadi isu nasional adalah kenaikan harga cabe rawit dan beberapa komoditi secara nasional.

“sehingga kita mengantisipasi kenaikan harga komoditi di Kota Tidore agar tetap stabil, namun yang kita dapatkan di lapangan ada beberapa komoditi yang mengalami kenaikan harga, namun tidak terlalu berpengaruh karena ini telah mengalami kenaikan harga secara nasional.” Kata Taher
Taher juga menambahkan, Pemerintah Daerah Kota Tidore terus berupaya agar stok komoditas, baik itu bahan pokok, Barito, Daging, Telur dan Ayam ras tetap stabil.
“Kita akan terus berupaya agar kota Tidore Kepulauan tetap berada pada zona aman dalam artian tidak lagi berada pada zona merah inflasi tertinggi se Indonesia, karena saat ini Kota Tidore berada pada posisi terendah dalam penurunan Inflasi, sehingga inflasi menjadi prioritas Walikota dan Wakil Walikota Tidore saat ini juga telah menginstruksikan kepada petani maupun masyarakat agar memanfaatkan pekarangan rumah maupun kebun dengan gerakan menanam untuk pengendalian Inflasi.” Kata Taher

Tambah Taher, kedepan juga melalui Dinas ketahanan pangan akan dilakukan Gerakan Pangan Murah (GPM) dengan satu paket yang berisi Beras, Minyak, Telur dan Gula, yang nantinya akan tersebar di Pulau Tidore maupun daratan oba.(HMS/NT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *