Lewat SAPA Indonesia Kompas TV, Ali Ibrahim Promosikan Hari Nusantara 2023

Tidore16 views

AKSESNEWS.COM, TIDORE – Jelang pelaksanaan Hari Nusantara yang tersisa kurang lebih seminggu lagi, Walikota Tidore Kepulauan Capt, H. Ali Ibrahim terus melakukan promosi terkait dengan Kota Tidore sebagai Tuan rumah pelaksanaan Hari Nusantara Tahun 2023 pada 13 Desember mendatang.

Hal tersebut nampak jelas saat Capt, H. Ali Ibrahim didaulat untuk mengisi satu segmen pada program SAPA Indonesia di Kompas TV bersama bersama Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Novie Riyanto lewat Zoom Meeting, Senin (4/12/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Walikota dua periode ini menjelaskan, Tidore merupakan jalur rempah yang pertama kali melakukan ekspor perdana cengkeh ke eropa pada tahun 1521 sebanyak 27,3 ton berdasarkan catatan Antonio Pegafeta.

“Jadi pada 11 Desember 1521 juga bertepatan dengan Hari Nusantara yang dilatarbelakangi oleh Deklarasi Djuanda. Olehnya itu dengan mengangkat tema, Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim dari Titik Nol Jalur Rempah, ini sangat erat keterkaitannya,” imbuh Ali Ibrahim.

Orang nomor satu di Kota Tidore Kepulauan ini juga berharap dengan adanya hari nusantara yang dilaksanakan di Kota Tidore ini dapat mendorong perekonomian di Tidore maupun maluku utara pada umumnya.

“karena kita berkaca pada Sail Tidore 2022 bahwa masyarakat sangat antusias mendukung pelaksanaan Sail Tidore kemarin, sehingga diharapkan juga untuk pelaksanaan Harnus Tahun 2023 peran aktif masyarakat untuk mensukseskan pelaksanaan Harnus pada 10-13 Desember mendatang.”harap Ali

Ali Ibrahim Juga Menambahkan, atas nama pemerintah daerah maupun masyarakat Kota Tidore dengan momentum Harnus Tahun 2023 ini Pemerintah Pusat melalui Kementerian ekonomi dan kreatif untuk dapat mencanangkan Tidore sebagai kawasan pariwisata nasional (KSPN) sehingga kedepan kami bisa mengembangkan potensi pariwisata yang ada di Kota Tidore.

Ali Ibrahim juga mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk datang dan sukseskan pelaksanaan Harnus Tahun 2023 di Kota Tidore pada 10-13 Desember mendatang, “mari sama-sama kita sukseskan pelaksanaan Harnus Tahun 2023 di Kota Tidore Kepulauan agar berjalan dengan aman, lancar dan sukses.

Senada juga disampaikan, Sekretaris Jendral Kementerian Perhubungan Novie Riyanto bahwa, Tidore merupakan titik nol jalur rempah yang pertama kali melakukan ekspor cengkih ke eropa serta Hari Nusantara merupakan momentum tahunan yang diperingati sebagai wujud Indonesia sebagai negara kepulauan dan diakui secara nasional, sehingga pelaksanaan harnus Tahun 2023 di Kota Tidore ini bertema merajut konektifitas nusantara dan ekonomi maritim dari titik nol jalur rempah, dengan harapan dapat berdampak pada peningkatan ekonomi dan pariwisata di Kota Tidore.

“mari kita saling memanfaatkan momentum ini untuk melanjutkan pembangunan disektor maritim agar memberikan manfaat kepada masyarakat banyak di Indonesia khususnya di Kota Tidore, Maluku Utara, sehingga event ini juga kita harapkan menjadi satu event yang baik, karena Indonesia memiliki visi untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritime dunia dengan peran Indonesia semakin strategis di dunia kemaritiman, sehingga dengan Harnus Tahun 2023 ini dapat mengangkat posisi Tidore yang dikenal sebagai pusat rempah akan lebih dikenal diwilayah luas.” Kata Novie(HMS/NT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *