Polresta Tidore Gelar Apel Pasukan Terpusat Lilin Kie Raha 2023

Tidore7 views

AKSESNEWS.COM. TIDORE – Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat “Lilin Kie Raha 2023” dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024 di Kota Tidore Kepulauan oleh Kepolisian Resor Kota (Polresta) Tidore Kepulauan, dipimpin Wakapolresta Tidore, AKBP Edy Sugiharto, di Jalan Kilometer 40, Kecamatan Oba Utara, Kelurahan Sofifi, Kamis (21/12/2023).

Turut mendampingi Wakapolresta Tidore, Walikota Tidore Kepulauan yang diwakili Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi Pembangunan dan Keuangan, Abdul Hakim Adjam. Hadir dalam apel ini, yang mewakili Dandim 1505/Tidore, Forkopimcam Oba Utara, perwakilan OPD terkait, para Babinsa dan Bhabinkamtibmas se Kecamatan Oba dan Oba Utara.

Membacakan amanat Kapolri dalam apel tersebut, Wakapolresta Tidore, AKBP Edy Sugiharto mengatakan, pengamanan Nataru merupakan tugas rutin yang harus dipastikan berjalan aman, nyaman dan lancar. Hal tersebut penting karena momentum nataru menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia, yang berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat.

“Dalam rangka pengamanan Nataru, Polri didukung oleh TNI, Kementerian Lembaga, Pemerintah Daerah, Mitra Kamtibmas dan Stakeholder terkait untuk menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi “Operasi Lilin 2023” selama 12 hari, mulai Tanggal 22 Desember 2023 s/d 2 Januari 2024. Operasi ini melibatkan 129.923 personel yang terdiri dari TNI- POLRI serta stakeholder terkait lainnya yang ditempatkan 1.668 pos pengamanan, 670 pos pelayanan, dan 113 pos terpadu untuk menjamin keamanan 49.676 objek pengamanan,” Tutur Edy.

Edy menambahkan, Natal 2023 dan tahun baru 2024 diperkirakan mencapai 107,63 juta orang, meningkat sebesar 143.65% atau 63,46 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu, perayaan nataru tahun ini juga bertepatan dengan masa kampanye pemilu 2024 sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi. Olehnya itu, untuk menjamin pelaksanaan ibadah natal berlangsung dengan aman dan khidmat, setiap lokasi ibadah akan disterilisasi dan melibatkan ormas- ormas keagamaan dalam kegiatan pengamanan sebagai wujud toleransi beragama.

“Ancaman terorisme juga menjadi tantangan yang serius. Untuk itu, kedepankan deteksi dini dan preventive strike untuk mencegah pelaku teror melancarkan aksinya, serta lakukan penjagaan ketat pada pusat keramaian maupun tempat ibadah, agar kita dapat memastikan tidak ada letupan sekecil apapun dalam pelaksanaan ibadah natal ataupun malam pergantian tahun,” Imbuh Edy

Pada pengamanan perayaan malam tahun baru, Edy menambahkan, akan melakukan pengamanan pada setiap giat keramaian dengan maksimal, terutama yang melibatkan massa dalam jumlah besar. Selain itu, lakukan pengaturan lalu lintas dan pengamanan pada lokasi kegiatan secara humanis, serta tingkatkan pengawasan komersial maupun petasan agar kegiatan berjalan dengan aman.

Adapun peserta Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat “Lilin Kie Raha 2023” ini, terdiri dari; TNI, POLRI, KPLP dan Dinas Perhubungan Kota Tidore Kepulauan. Pada apel ini juga dilangsungkan Penyematan Tanda Pita Operasi sebagai tanda dimulainya Operasi Lilin Kie Raha Tahun 2023 di Kota Tidore Kepulauan kepada Perwakilan dari TNI, POLRI dan KPLP.(HMS/NT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *