TPID Gelar HLM Triwulan I Jelang Ramadhan Dan Idul Fitri

Tidore8 views

AKSESNEWS.COM, TIDORE – Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan, melalui Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah menggelar High Level Meeting (HLM) Rapat Koordinasi Internal Tim Pengendalian Inflansi Daerah (TPID) Kota Tidore Kepulauan Triwulan I yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo. Berlangsung di ruang rapat Walikota, rabu (6/3/2024).

Dikesempatan tersebut mewakili Walikota, Sekertaris Daerah Ismail Dukomalamo menyampaikan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan pada tahun 2024 ini memajukan agenda rapat koordinasi HLM pada akhir triwulan I yang bertepatan dengan momentum Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, hal ini dikarenakan pada momentum tersebut diprediksi akan berpotensi mengalami lonjakan harga yang tidak stabil dan akan berdampak pada peningkatan inflasi.

“Sebagaimana laporan minggu ke-4 bulan Februari yang dirilis Inspektorat Daerah Kota Tidore Kepulauan, telah terjadi kenaikan harga pada bahan pangan seperti kenaikan harga Beras, Cabe Merah, dan Telur Ayam Ras, Bahkan secara nasional menurut Badan Pusat Statistik, ketiga komponen tersebut menjadi penyumbang inflasi nasional” kata Ismail.

Berdasarkan data dan permasalahan tersebut Ismail meminta adanya perhatian bersama untuk mencari jalan keluar berupa saran, masukan dan rekomendasi, sebagai agenda konkrit dan ikhtiar bersama dalam rangka menjaga dan mengendalikan harga agar tetap rendah dan stabil dan menjaga stabilitas makro ekonomi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan di Kota Tidore Kepulauan dan Provinsi Maluku Utara.

Lebih lanjut Ismail menambahkan Pemerintah Daerah melalui TPID juga akan menggelar Operasi Pasar Murah di Kecamatan Tidore Utara, bekerjasama dengan Bank Indonesia Perwakilan Maluku Utara, Bulog Maluku Utara dan BRI Cabang Soasio. Kegiatan tersebut dilakukan dengan penjualan 300 paket yang berisi Beras SPHP 5 kg, Gula Pasir 1 kg, Minyak Goreng 1 liter, ditambah Rica, Bawang Merah dan Bawang Putih. 300 Paket tersebut dijual ke masyarakat Tidore Utara seharga Rp117.000 per paket, lebih murah dari harga ril sebesar Rp176.250.

“Selain itu ada langkah konkirit yang akan dilakukan seperti sidak ke pasar dan distributor agar tidak menahan barang, melakukan operasi pasar, berkoordinasi dengan daerah penghasil komoditi, dan terus meningkatkan pencanangan gerakan menanam, pemerintah daerah sedang menyiapkan dukungan Dana Tak Terduga sebagai intervensi konkrit pengendalian inflasi” jelas Ismail.

Mengakhiri sambutanya Ismail berharap kepada tim TPID agar dapat bekerjasama dan berkoordinasi dengan berbagai pihak secara baik. Menjaga kekompakan dan saling menghormati antar berbagai pihak yang sudah terjalin selama ini. Ia berharap semoga dengan kerja keras dan kesungguhan dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat harga menjadi stabil dan inflasi terkendali

Sementara itu Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Utara Dwi Putra Indrawan menyampaikan secara tahunan perkembangan inflasi Provinsi Maluku Utara mengalami inflasi 2.71 %, lebih rendah dibandingkan Inflasi Nasional 2.75% penyambung Inflasi Tahunan di Maluku Utara pada bulan Februari secara umum sama dengan penyumbang Inflasi Tahunan di bulan Januari tahun 2024 dimana tertinggi ada pada komoditas beras. Tetapi secara bulanan Provinsi Maluku Utara mengalami deflasi 0.24 mtm yang berbedah arah dibanding dengan Nasional yang mengalami Inflasi 0.37%

Acara dilanjutkan dengan pemaparan oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tidore Kepulauan Oki Afrizal menjelaskan Perkiraan inflansi Ramadhan yang dilihat pada tahun 2023 kemarin ada pada komoditas ikan segar, tarif harga angkutan udara, cabai merah, beras dan baju muslim pria/wanita. Untuk itu diharapkan pada tahun 2024 ini dapat mengantisipasi khususnya komoditas-komoditas yang sering mengalami kenaikan harga dengan melakukan kesetabilan harga dan stok yang memadai.

Zadarach Evert Pattiwael juga menambahkan penjualan ataupun penyaluran cadangan Beras Pemerintah Daerah (CBPD) yang didasari dengan perjanjian jual beli Perum Bulog yang diwakilkan Kantor Wilayah dan Pemerintah Daerah yang diwakilkan melalui Dinas Ketahanan Pangan Provinsi maupun Kabupaten, dan harga perolehan beras sesuai dengan harga yang diterbitkan oleh Kementrian Keuangan pada setiap harinya.

Lanjut Zadarach, Perum Balog selalu siap dan selalu mendukung kegiatan Pemerintah Pusat dalam hal ini diteruskan pada Pemerintah Daerah untuk melakukan gerakan Pangan Murah seberapun yang diminta akan selalu berikan tanpa batas. Diketahui bersama manfaat dari gerakan pangan murah langsung menyentuh pengguna akhir atau masyarakat .

Turut hadir Ketua I Tim Penggerak PKK Kota Tidore Kepulauan, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Tidore Kepulauan, Pimpinan OPD dan Tim TPID Kota Tidore Kepulauan. (HMS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *