Ini Daerah Yang Ditetapkan Menjadi Kawasan Rawan Bencana Oleh BPBD

Tidore3 views

AKSESNEWS.COM, TIDORE – TIDORE – Badan penaggulangan bencana daerah (BPBD) menetapkan kawasan rawan bencana yang ada di kota Tidore Kepulauan. Penetapan kawasan rawan bencana tersebut dilakukan untuk mencegah bencana yang beragam di tiap kelurahan desa.

“Untuk sosialisasi bencana kita sudah buat kajian resiko bencana disitu ada beberapa kecamatan yang menjadi prioritas”. Ujar Muhammad Abubakar Kalaka BPBD kota Tidore Kepulauan saat di temui. Kamis (7/3/2024).

Kalaka BPBD juga mengatakan indikator yang dilihat sebagai bencana salah satunya adalah penambang dalam hal ini galian C dan juga banjir rob dan juga angin puting beliung yang sering terjadi di wilayah Kota Tidore Kepulauan.

“kalau di Tidore Utara itu banjir rob biasa terjadi di kelurahan Rum balibunga di kampung tahua dan juga angin puting beliung yang sering terjadi di kelurahan Ome, jadi kita melihat kategori jenis kebencanaan” jelasnya

Tak hanya kelurahan Ome, angin puting beliung juga sering terjadi di kecamatan Tidore selatan tepatnya di kelurahan Toloa dan juga kelurahan Tomalou sekalipun durasi kecepatan angin 20 sampai 24 tetap terjadi angin puting beliung yang berdampak pada rumah warga, Bahakan di kelurahan Tomalou juga sering terjadi banjir.

Kalaka juga menjelaskan untuk kecamatan Tidore banjir juga sering terjadi di kelurahan Indonesiana, Tomagoba,dan Gamtufkange
“Sekarang yang lagi hangat hangatnya banjir juga sudah berdampak di Soadara”Jelasnya
Sedangkan di kecamatan Tidore Timur sendiri kata Kalaka. banjir rob juga terjadi di kelurahan Cobodoe dimana ada beberapa rumah warga berada dibibir pantai telah dievakuasi

Untuk di daratan Oba yang sering terdampak banjir yaitu Gosale, Kusu, dusun toburo, kemudian kecamatan Oba tengah, Gumi, di kecamatan Oba Selatan, Lifofa.

“Kami sudah memasukkan kepada BWS dan menjadi lokus rawan bencana “. Katanya
Kalaka juga menghimbau kepada masyarakat agar selalu memberikan informasi kepada BPBD agar bisa melakukan pencegahan.
Dalam kesempatan itu juga selaku Kepala BPBD Muhammad Abubakar menghimbau kepada masyarakat agar melakukan aktifitas di laut maupun di darat agar selalu berhati-hati.

“Untuk Masyarakat musim hujan ini agar selalu memberikan informasi, saya jaga menghimbau kepada motoris dan spit boat boleh mengejar pendapatan akan tetapi jangan abaikan keselamatan penumpang”pintanya(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *