oleh

DPPPA Malut Sosialisasikan DRPPA di Kampung Halaman Gubernur


AKSESNEWS.COM, SOFIFI – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Maluku Utara kembali mengelar Sosialisasi Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) Provinsi Maluku Utara Tahun 2022,” bertempat di Desa Bibinoi, Kabupaten Halmahera Selatan, Sabtu (26/11/22) kemarin.

Kepala Dinas PPPA Maluku Utara, Musrifah Alhadar dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kabid KHP KK Data dan Informasi Dinas PPPA Provinsi Malut Hj. Dessy Masyita Turuy menyampaikan apresiasinya atas diselenggarakan DRPPA tersebut.

Disampaikan, DRPPA merupakan desa yang mengintegrasikan perspektif gender dan hak anak ke dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintah desa, pembangunan desa, serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, berkelanjutan.



“Membangun Indonesia dari desa untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia yang berakreditasi dan berdaya saing sangat tepat dilakukan agar tidak ada seorang pun yang tertinggal, “katanya.

Karena itu, untuk membangun desa harus dalam berbagai bentuk inovasi yang dapat berkontribusi positif bagi perempuan dan anak karena 2/3 penduduk desa adalah perempuan dan anak, serta menjadi strategi untuk mencapai akselerasi pencapaian SDG’s di seluruh desa di Indonesia.

“Desa harus memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakatnya khususnya perempuan dan anak, “ujar Musrifah Alhadar dalam sambutannya.

Menurut Musrifah, saat ini masih belum terwujudnya keadilan dan kesetaraan antara perempuan dan laki-laki dalam hak memperoleh akses, kesempatan berpartisipasi, mengontrol, dan menikmati hasil pembangunan Desa.

Karena itu, perlu adanya peningkatan kualitas hidup perempuan dalam beberapa bidang pembangunan yang masih tertinggal dibandingkan dengan laki-laki.

Dia mengatakan, ketertinggalan perempuan tersebut terlihat pada beberapa bidang ekonomi, akses pendidikan, layanan kesehatan
bagi ibu dan anak, partisipasi di sektor publik (ekonomi dan ketenagakerjaan), akses terhadap perlindungan hukum, serta keterwakilan perempuan dalam pengambilan keputusan pada struktur kekuasaan informal maupun formal Desa dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan pembangunan Desa.

Olehnya itu, DRPPA hadir
untuk membantu dan bersinergi dengan Pemerintah baik
di pusat maupun di daerah untuk bersama-sama mengatasi persoalan perempuan dan anak.

Dikesempatan itu, Musrifah juga menyampaikan lima (5) Arahan Presiden, yaitu :

1). Peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan yang berspektif gender; (2). Peningkatan peran ibu dan keluarga dalam pendidikan / pengasuhan anak; (3). Penurunan angka kekerasan terhadap
perempuan dan anak; (4). Penurunan pekerja anak; dan (5). Pencegahan perkawinan anak. dan membangun sinergi nyata dengan sesama lembaga masyarakat terkait inovasi bagi perempuan dan anak.

Olehnya itu, Ia berharap agar semua dapat mengunakan kesempatan sebaik mungkin
dalam sosialisasi DRPPA agar nantinya program atau kegiatan dapat berjalan sesuai kebutuhan perempuan dan anak di desa Bibinoi yang juga kampung halaman Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba.

Turut hadir dalam acara tersebut,
Kabid DPPPA dan KB Kabupaten Halmahera Selatan, tokoh Agama, tokoh masyarakat, PKK, Forum Anak, Karang taruna, Majelis Talim.

Selain itu, DPPPA Malut juga menghadirkan narasumber dari DPMD Provinsi, Ronni Nihe serta Fasilitator DRPPA DP3A Hj. Dessy Masyita Turuy dan Rusdi Arfah. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *