Menhub RI Pimpin Rakor Setelah Di Tunjuk Sebagai Ketua Penyelengara Hari Nusantara

Tidore7 views

AKSESNEWS.COM, TIDORE – Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, memimpin langsung rapat koordinasi (Rakor) setelah ditunjuk sebagai Ketua Penyelanggara Hari Nusantara Tahun 2023 yang dipusatkan di Tidore, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Uara pada bulan Desember mendatang.

Rakor yang berlangsung melalui zoom meeting pada Senin sore, (21/8/2023) tersebut, diikuti oleh Gubernur Maluku Utara (Malut) KH. Abdul Gani Kasuba, Walikota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim, MH bersama jajaran, Sekda Malut, Staf Ahli Gubernur Malut dan para pejabat eselon 1 dan 2 di lingkungan Kementerian Perhubungan.

Dalam Rakor tersebut, Menteri Budi Karya mengusulkan penyelenggaraan Hari Nusantara berlangsung selama 3 hari dari agenda kegiatan yang diusulkan selama 5 hari, dipusatkan di Kawasan Wisata Tugulufa, Tidore. Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi, juga membahas bersama peserta Rakor tentang logo, tema dan rangkaian kegiatan atau garis besar Hari Nusantara Tahun 2023.

“Kegiatan Hari Nusantara Tahun 2023 yang dipusatkan di Kota Tidore Kepulauan ini akan menampilkan berbagai rangkaian kegiatan yang melibatkan semua Kementerian Lembaga, olehnya itu diperlukan penentuan tema, logo dan garis besar Hari Nusantara Tahun 2023 untuk selanjutnya dibahas bersama dengan Kementerian Lembaga terkait dan sub sektor lainnya,” Tutur Budi.

Lebih lanjut, Budi mangatakan, selain pembagian tugas kepada Kementerian Lembaga terkait, juga akan dikoordinasikan terkait pendanaan dan dukungan infrastruktur pelaksaan Hari Nusantara Tahun 2023 di Kota Tidore Kepulauan, olehnya itu melalui Rakor, Menteri Perhubungan RI mengusulkan Menteri PUPR dan Menteri SDM sebagai Wakil Ketua I dan Wakil Ketua II Panitia Pelaksana Hari Nusantara Tahun 2023 di Kota Tidore Kepulauan.

Walikota Capt H. Ali Ibrahim dalam rakor tersebut menyampaikan, Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan siap menyambut pelaksanaan Hari Nusantara Tahun 2023, berbagai fasilitas laut saat ini tidak menjadi kendala, hanya saja beberapa fasilitas darat yang perlu didukung oleh Dirjen Perhubungan Darat seperti mini bus dan akomodasi transportasi darat lainnya.

“Kami siap menjadi tuan rumah pelaksanaan Hari Nusantara Tahun 2023 di Kota Tidore Kepulauan, untuk lokasi pelaksanaanya seperti yang diminta oleh Pak Menteri Perhubungan yaitu dekat dengan laut, maka di Kota Tidore Kepulauan ada Kawasan Pantai Tugulufa, tempat pelaksaan Sail Tidore Tahun 2022 kemarin, tempatnya strategis dan berada tepat di pinggir pantai, untuk transportasi laut di Kota Tidore Kepulauan telah siap dan tidak ada masalah, hanya saja kami membutuhkan dukungan akomodasi transportasi darat,” Ucap Ali Ibrahim.

Di kesempatan yang sama, Gubernur Maluku Utara, KH. Abdul Gani Kasuba dalam rakor tersebut mengatakan, pelaksanaan Hari Nusantara yang dipusatkan di Kota Tidore Kepulauan, Pemerintah Provinsi Maluku Utara siap mendukung.

“tentunya Walikota Tidore Kepulauan sudah pakar, jadi insya Allah Pemerintah Provinsi Maluku Utara siap mendukung, selebihnya ada hal-hal penting mengenai perhubungan di Maluku Utara yang nantinya akan saya bicarakan langsung dengan pihak Kementerian Perhubungan,” Tutur KH. Abdul Gani Kasuba.

Senada, Sekretaris Daerah Kota Provinsi Maluku Utara, Samsuddin Abdul Kadir juga mengatakan, fokus pelaksanaan kegiatan Hari Nusantara ini juga akan sama dengan fokus pelaksaan Sail Tidore, “ada dua titik, yaitu titik penjemputan dan titik pelaksanaan yang akan berlangsung di Kota Tidore, disini yang menjadi kendala adalah kendaraan darat, Sail Tidore kemarin banyak dukungan kendaraan dari perusahan dan kementerian perhubungan,” Ungkap Samsuddin.

Sekprov Maluku Utara ini juga menambahkan, teknis pelayanannya akan sama dengan Sail Tidore lalu, yaitu tamu yang berada di Kota Ternate menjadi tanggungjawabnya Pemerintah Provinsi Maluku Utara.

“dan tamu yang telah tiba di Tidore, menjadi tanggungjawabnya Pemerintah Kota Tidore, dan pelaksanaan Hari Nusantara ini sudah pasti Pemerintah Provinsi Maluku Utara akan berpartisipasi sama dengan pelaksaan Sail Tidore tahun 2022 lalu,” Imbuh Samsuddin.(HMS/NT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *