Presiden Jokowi minta kepala daerah segera perbaiki jalan rusak

Maluku Utara22 views

AKSESNEWS.COM, TERNATE – Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2023, diselenggarakan secara hybrid di Istana Negara yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Rakornas pengendalian inflasi ini, mengusung tema utama “Memperkuat Sinergi dan Inovasi untuk Stabilisasi Harga Menuju Ketahanan Pangan Nasional yang Berkelanjutan”.

Pada Rakornas inflasi tersebut, Gubernur Malut menghadiri langsung di Istana Negara, sementara Wakil Gubernur Maluku Utara Ir. M. Al Yasin Ali didampingi kepala Bank Indonesia Perwakilan Malut, R. Eko Adi Irianto bersama dengan TPID mengikuti secara Hybrid di ruang rapat kantor BI Malut, Kamis (31/8/23).

Presiden Jokowi dalam arahannya mengapresiasi kepada Tim pengendalian Inflasi baik di pusat, mapun di daerah.

Inflasi di Indonesia, kata Jokowi, sangat terkendali di angka 3,08% pada Juli 2023. Menurutnya, ini sebuah angka yang sangat baik sekali bahkan bila dibandingkan dengan negara-negara lain.

“Jadi Inflasi ini penting. Percuma pertumbuhan ekonomi kita misalnya 5 tapi inflasi 9.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan metode pengendalian inflasi yang sering dilakukan oleh negara lain sangat berbeda seperti yang dilakukan di Indonesia.

Hampir semua negara melakukan pengendalian inflasi melalui bank sentral lewat kenaikan suku bunga dan nilai tukar.

“Kita justru kombinasi melalui kebijakan moneter, fiskal dan pengecekan dilapangan. Ungkapnya

Jokowi juga meminta kepada para Gubernur, Bupati dan Walikota agar terus melakukan pengecekan terhadap persediaan, stok, dan harga-harga pangan sekaligus terus awasi sistem dan jalur distribusi.

“Kalau ada jalan yang rusak, segera perbaiki”. Kata Jokowi.

Pada Rakornas pengendalian inflasi ini juga dirangkaikan dengan ajang TPID awards. Untuk wilayah NTT, Maluku-Malut, Sulawesi dan Papua. Provinsi NTT keluar sebagai juara pengendalian inflasi terbaik. Malut sendiri masuk ketegori tiga besar dengan inflasi di angka 3,07. (Adm/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *