Pemprov Malut resmi Lepas Kafilah STQH Tingkat Nasional XXVII ke Provinsi Jambi


AKSESNEWS.COM, TERNATE – Pemerintah Provinsi Maluku Utara melalui Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) melepas keberangkatan 17 Kafilah Provinsi Maluku Utara (Malut) untuk mengikuti Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) Tingkat Nasional ke XXVII di Provinsi Jambi.

Pelepasan tersebut ditandai dengan penyerahan bendera pataka oleh Gubernur Maluku Utara yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Malut, Asrul Gailea kepada Kepala Biro Kesra Provinsi Malut, Hj. Rahma Hasan, S.Ag.



“Selaku Pemerintah Daerah, Saya ucapakan terima kasih dengan tulus kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam STQH untuk mewakili Maluku Utara, “ucap Asrul Gailea saat membacakan sambutan gubernur di Aula Jati Hotel Ternate, Jumat (27/10/23).

STQH ini bukanlah sekadar kompetisi biasa, melainkan upaya nyata untuk memperkokoh ikatan kita dengan Al-Qur’an, memperluas pengetahuan agama, serta merayakan bakat dan semangat keagamaan luar biasa yang dimiliki oleh peserta asal Malut.

Sebab itu, Saya berharap Kafilah STQH Provinsi Malut tidak hanya sekedar untuk turut memeriahkan saja, akan tetapi para Kafilah STQH mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan wawasan, baik yang diperoleh dalam pembinaan maupun yang diperoleh dari pengalaman.

Hal ini karena secara keseluruhan wawasan dan keterampilan yang telah diperoleh tentunya cukup berarti untuk menguasai cabang yang akan diperlombakan, “hara Gubernur.

Tak hanya itu, Gubernur dua periode juga menghimbau kepada Ketua Kafilah beserta para Official, agar benar-benar melaksanakan amanah yang mulia ini, terutama dalam membimbing dan melayani keperluan para peserta khusus kepada Qori dan Qoriah, “imbaunya.

“Kita semua berharap semoga kafilah STQH Provinsi Malut mendapat ridho dan keberkahan allah SWT, meraih prestasi terbaik, serta membanggakan Provinsi Maluku Utara yang kita cintai, “tutup Gubernur.



Sebelumnya, Kabag Agama Biro Kesra Maluku Utara, Fadly Muhammad saat membacakan laporannya mengatakan, STQH merupakan ajang 2 (dua) tahunan yang dilaksanakan secara berjenjang dari Tingkat Kecamatan sampai dengan tingkat nasional dalam rangka mencari bakat dan prestasi generasi muda mencintai, mempelajari dan memahami Al Qur’andan Hadits.

Dikatakan, rangkaian persiapan untuk mengikuti pelaksanaan STQH Tingkat Nasional akan diselenggarakan pada
tanggal 29 Oktober sd 07 November 2023 di Provinsi Jambi, “katanya.

Lanjut Fadly Muhammad, untuk mengikuti pelaksanaan STQH Tingkat Nasional tahun ini, akan diperlombakan 4 (empat) Cabang dan 10 (sepuluh) Golongan.

Maluku Utara mengirim peserta sebanyak 17 (tujuh belas) peserta yang akan berkompetisi pada 3 (tiga) Cabang, dan 9 (sembilan) sebagai berikut :

Cabang Tilawah sebanyak 4 (empat) peserta, terdiri dari Tilawah Dewasa 2
peserta Dan Tilawah Anak-Anak 2 Peserta. Kemudian untuk Cabang Hafalan Qur’an sebanyak 10 (sepuluh) peserta, terdiri dari Hafalan 1 Juz dan Tilawah 2 peserta, Hafalan 5 Juz dan Tilawah 2 peserta, Hafalan 10 Juz 2 peserta, Hafalan 20 Juz 2 peserta dan Hafalan 30 Juz ; 2 Peserta.

Selanjutnya untuk Cabang Hafalan Hadits sebanyak 3 (tiga) orang terdiri dari Hafalan 100 Hadits dengan Sanad 2 peserta dan Hafalan 500 Hadits Tanpa Sanad 1 peserta.

Kemudian dari 17 Peserta STQH Maluku Utara, laki-laki sebanyak 9 (sembilan) orang, dan perempuan sebanyak 8
(delapan) orang.

Dengan kekuatan sebanyak 17 peserta, kata Fadly Muhammad, kita berharap dapat memberikan yang terbaik untuk bisa meraih prestasi yang membanggakan dan
mengharumkan Maluku Utara sebagaimana yang pernah diukir pada tahun-tahun sebelumnya, “katanya.

“Selamat berkompetisi, selamat berlomba dan selamat meraih prestasi, pada pelaksanaan STQH Tingkat Nasional ke-XXVII Tahun 2023 di Provinsi Jambi, “pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *