Rakor Dan Singkronisasi Program Kewirausahaan Pemuda Resmi Dibuka Sekda

Tidore3 views

AKSESNEWS.COM, TIDORE – Rapat Koordinasi dan Singkronisasi Program Kewirausahaan Pemuda yang diselenggarakan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tidore Kepulauan yang bertemakan Pemuda Tangguh Wirausaha Maju, dibuka dengan resmi Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dokumalamo dipusatkan di Penginapan Bongenvil Kelurahan Soasio Kota Tidore Kepulauan, Senin (4/3/2024).

Dikesempatan tersebut, Ismail Dokumalamo menyampaikan tantangan terbesar dalam pembangunan jangka Panjang suatu daerah adalah sumber daya manusianya, dapat dilihat dari produktivitas tenaga kerja yang dimiliki, rasio kewirausahaan yang masih rendah dan juga tingkat penggangguran yang semakin tinggi karena kurang adanya lapangan pekerjaan.

Lanjutnya, persoalan inilah yang harus diselesaikan dengan adanya sinergitas antara stakeholder terkait sebagai bentuk dukungan untuk menghadapi perkembangan ekonomi Indonesia kedepan.

“ Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dibawah kepimimpinan Capt. H. Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen sudah menjabar dalam misi yakni penguatan sumber daya manusia dan sosial budaya. Oleh karena itu kita harus menjawab tantangan pembangunan jangka Panjang dengan melakukan penguatan peran pemuda sebagai potensi dan penerus masa depan.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tidore ini juga menambahkan rapar koordinasi ini untuk memikirkan program-program yang tepat sasaran kepada pemuda sekaligus untuk menyasar pertumbuhan ekonomi melalui penguatan ekspresi, pelatihan UMKM dan pengembangan kewirausahaan pada pemuda yang akan menjadi sangat strategis sebagai pendorong untuk pertumbuhan ekonomi Kota Tidore Kepulauan.

“ Saya pun berharap agar peserta kegiatan dapat mengikuti kagiatan ini dengan sebaik-baiknya dan dapat memberi masukan yang membangun karena hal tersebut sangat penting “ Harap Ismail di akhir sambutannya.

Sementara Kepala Bidang Pemuda pada Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tidore Kepualuan Stella N Mamole dalam laporannnya mengatakan Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program Kepemudaan dan Kewirausahaan bertujuan meningkatkan motivasi para Pemuda-pemudi di Kota Tidore Kepulauan untuk terjun di dunia wirausaha dan meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dari berbagai aspek serta perluasan usaha sekaligus untuk menguatkan kapasitas pemuda dalam rangka memperkuat perekonomian daerah.

Rapat koordinasi dilaksanakan selama dua hari yakni Senin- Selasa (4-5/3/2024), peserta terdiri dari 23 Wirausaha Muda yang berada di wilayah Kota Tidore Kepualauan dan kegiatan ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tidore Kepualauan Tahun 2024.

Turut Hadir pada Pembukaan Rakor tersebut, Sekretaris Dinas Sosial, Sekretaris Dinas PTSP, Kabid dari Dinas Perindakop, dan Perwakilan dari Bapelitbang Kota Tidore Kepulauan.(HMS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *