Wakili Pj Gubernur, Asrul Gailea Buka secara resmi Pesparawi ke IV Tingkat Provinsi Maluku Utara


AKSESNEWS.COM, BULI –  Pj. Gubernur Maluku Utara yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum, Dr. Asrul Gailea membuka secara resmi Penyelenggaraan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) ke IV Tingkat Provinsi Maluku Utara, di Lapangan Bola Buli Santani Kabupaten Halmahera Timur, Rabu (26/6/24).

Dalam sambutannya Pj. Gubernur Maluku Utara yang disampaikan Asisten III setda Provinsi Maluku Utara Asrul Gailea menyampaikan bahwa atas nama pemerintah daerah provinsi Maluku Utara sangat apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Saya sangat mengapresiasi dan tentunya diharapkan agar seluruh rangkaian kegiatan Pesparawi tahun ini berjalan dengan baik, “ujar Gubernur dalam sambutannya yang dibacakan Asisten III.

Lanjutnya, di era modern saat ini seni dan budaya telah melalui banyak perubahan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti pengaruh kolonialisme, globalisasi dan kemajuan teknologi.

Selain itu, Perkembangan seni budaya sejatinya harus memberi arah bagi perwujudan identitas nasional yang sesuai dengan nilai-nilai bangsa Indonesia.

“Kehadiran peserta paduan suara gerejawi memiliki makna Luhur yakni sebagai penguatan hubungan internal antar umat Kristiani dan sekaligus Membangun hubungan beragama di Indonesia dan Maluku Utara pada khususnya, “kata asrul.

Lanjutnya, bahwa kegiatan pesta paduan suara gerejawi (pesparawi) yang saat ini sedang berlangsung merupakan acara yang sangat penting bagi umat kristiani, kegiatan ini menjadi langkah aktualisasi semangat pembangunan nasional di bidang pembinaan mental spiritual sebagai bagian dari upaya memperkokoh ketahanan spiritual umat dalam menghadapi era modernisasi dan globalisasi.

“Dimensi kerukunan ini sangat penting dalam rangka membangun masyarakat yang memiliki kesadaran, kemajemukan dan multikultural, sehingga tercipta masyarakat yang harmonis, penuh tolersnsi dan saling menghargai identitas keyakinan agama masing-masing demi terwujudnya Indonesia yang aman, damai dan sejahtera, ” ujarnya.

Diakhir Sambutannya beliau berharap agar kegiatan pesta paduan suara gerejawi ke IV tingkat provinsi maluku utara, ini diharapkan dapat memupuk rasa persaudaraan dan kebangsaan sebagai ungkapan kesetiaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, dan cerminan kesatuan umat kristen di provinsi maluku utara yang kita cinta ini.

Sementara itu, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara Amar Manaf menyampaikan bahwa Pesparawi di Kabupaten Halmahera Timur mengalami sebuah peningkatan luar biasa, pelaksanaan Pesparawi provinsi tahun ini dihadiri hampir semua unsur gereja.

Lanjutnya, Kegiatan Pesparawi telah menyatukan kehidupan manusia yang berada di sini maupun yang datang dari semua kabupaten/kota yang ada di Provinsi Maluku Utara.

“Disini kita saling kenal dan saling silaturahmi di Halmahera Timur ini, ” kata Amar.

Beliau juga sangat mengapresiasi para pendeta yang selama ini berperan mengajak umat pada kebenaran mencintai ajaran Kristen, dan beliaupun berharap agar dapat membumikan Injil dalam kehidupan sebagaimana ajaran-ajaran Kristen ini menjadi perilaku setiap umat Kristiani dalam kata kehidupan bermasyarakat.

Sementara itu, Bupati Halmahera Timur Ubaid Yakub mengatakan atas nama seluruh rakyat Halmahera Timur dan pemerintah daerah kabupaten Halmahera Timut menyampaikan Selamat datang di Buli Kabupaten Halmahera Timur.

“Sebagai tuan rumah Pesparawi IV tingkat Provinsi Maluku Utara bagi kami adalah sebuah amanah dan penghargaan yang setinggi-tingginya bagi kami, “ujar Ubaid.

Lanjutnya, bahwa masyarakat Halmahera Timur sangat berbahagia sekali dan ingin menyukseskan pelaksanaan Pesparawi ke IV dengan sepenuh kekuatan yang miliki oleh Pemerintah dan masyarakat Halmahera Timur.

“karena itu di tengah-tengah sukacita dan kegembiraan kita dalam merayakan pelaksanaan pesparawih ke-4 ini sudah tentu ada keterbatasan ada kekurangan yang dimiliki oleh pemerintah dan masyarakat Halmahera timur,  “tutup Bupati.

Perlu diketahui bahwa Peserta yang akan tampil pada Pesparawi IV Tingkat Provinsi Maluku Utara di Buli Halmahera Timur berjumlah 892 Peserta.dari 8 Kabupaten/kota di Maluku Utara.

Tampak hadir pada Pelaksanaan Pesparawi IV Tingkat Provinsi Maluku Utara di Buli Halmahera Timur Pj. Gubernur Maluku Utara yang diwakili Asisten III Setda Provinsi Maluku Utara Dr. Asrul Gailea, Bupati Halmahera Timur Ubaid Yakub, Bupati Halmahera Utara Frans Materi, Kakanwil Kementerian Agama Amar Manaf, Forkompimda Halmahera Timur, Ketua LPPD Maluku Utara serta tamu undangan. (At/adm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *