Asisten III buka Seminar Lokakarya Nasional FKPTPI di Ternate


AKSESNEWS.COM, TERNATE – Asisten III bidang Administrasi Umum Sekertariat Daerah Maluku Utara, Ir. Asrul Gailea, menghadiri sekaligus membuka kegiatan seminar dan lokakarya Nasional yang diselenggarakan oleh FKPTPI wilayah timur tahun 2023, bertempat di Gamalama Ballroom Sahid Bela, Rabu (23/8/23) kemarin.

Dalam sambutannya, Asisten III mengatakan, bahwa berbicara tentang dunia Pertanian maka berdasarkan data yang telah kita ketahui bersama pada tahun 2022, sektor Pertanian mengalami pertumbuhan sebesar 2,25 persen yang dihitung berdasarkan kinerja perekonomian Indonesia dari sisi lapangan usaha dan sektor pertanian menjadi salah satu sektor penunjang utama dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Sebagai negara agraris yang kaya akan hasil-hasil Pertanian, kehadiran Perguruan Tinggi Pertanian merupakan sebuah wadah tepat dalam menciptakan Sumber Daya Manusia di bidang Pertanian yang handal,”jelas Asrul.

Dirinya berharap, Kualitas SDM yang tumbuh tidak hanya berkaitan dengan intelektual, tetapi juga berkaitan dengan karakter individu seperti optimisme menyongsong masa depan, pekerja keras, dan  pantang menyerah, serta kemampuan mengelola sumber daya alam pertanian di Indonesia.

Pertumbuhan pada bidang pertanian harus diikuti dengan meningkatnya kemampuan SDM dalam mengelola dan meningkatkan nilai dari produk pertanian. Meningkatnya pertumbuhan sektor pertanian yang tidak diikuti oleh pertumbuhan sumber daya manusia akan menjadi tantangan besar bagi perekonomian di Indonesia.

Pertanian menjadi salah satu sektor penting dalam sistem perekonomian Indonesia. Kondisi iklim dan Sumber Daya Alam yang mendukung juga membuat pertanian di Indonesia mengalami kemajuan seiring berjalannya waktu. Sejak masih dikerjakan manual menggunakan tenaga hewan dan manusia, hingga kini menggunakan alat-alat canggih,”ungkapnya

Keberhasilan perkembangan sektor Pertanian tentunya merupakan hasil kerjasama antara para petani, pelaku di bidang pertanian, dan pemerintah. Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah diantaranya adalah program optimalisasi pemanfaatan lahan, peningkatan produktivitas, penggunaan bibit unggul, serta peningkatan kualitas untuk peningkatan nilai tambah komoditas.

Asrul juga berharap, agar kegiatan Seminar dan Lokakarya Nasional pada hari ini diharapkan agar menjadi ajang untuk berbagi dan bertukar pengalaman antar rekan kerja. Hal tersebut dilakukan agar para peserta bisa mengetahui pengetahuan baru agar bisa meningkatkan kualitas kerja yang mereka miliki dalam lingkup dunia kerjanya.

“Jadikanlah forum ini sebagai ruang diskusi bagi semua anggota Forum agar Forum ini dapat berperan serta dalam pembangunan pertanian secara umum, pengembangan perguruan tinggi pertanian, penyelenggaraan program MBKM dan pembangunan IKN,”pugkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Deputi bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Badan Pangan Nasional, Dr.Andriko Noto Susanto, SP.MP, Sekjen FKPTPI, Prof. Dr.Samanhudi, Wakil Rektor III Unkhair Ternate, Kepala BI Perwakilan Maluku Utara, para Dekan Fakultas Pertanian dan seluruh perwakilan Perguruan Tinggi Pertanian se-indonesia, serta tamu undangan lainya. (Adpim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *