Pemerintah Kota Tidore Kepulauan Kembali Membahas Usulan Program Dan Kegiatan Pasca Sail Tidore

Tidore10 views

AKSESNEWS.COM, TIDORE – Pasca Perhelatan Sail Tidore Tahun 2022 lalu, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan kembali membahas usulan program dan kegiatan prioritas pasca Sail Tidore, sekaligus membahas kegiatan prioritas pasca pelaksanaan Hari Nusantara Tahun 2023, bulan Desember mendatang.

Pembahasan tersebut dihadiri oleh, Walikota Tidore Kepulauan, Capt H. Ali Ibrahim, Prof. Husen Alting, Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum, Sejarawan Maluku Utara Irfan Ahmad, dan Pimpinan OPD terkait di Rumah Dinas Walikota, Sabtu (2/9/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Tidore Kepulauan mengatakan, semua usulan terkait program dan kegiatan pasca Sail Tidore Tahun 2022 dan yang akan datang, yaitu pasca pelaksanaan Hari Nusantara Tahun 2023 harus menjadi satu kesimpulan dengan konsep Pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

“Semua Konsep dirampungkan menjadi satu kesimpulan yaitu Konsep Pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), dan seluruh event yang termuat di dalam kalender event merupakan muatan dari Konsep KSPN,” Tutur Ali Ibrahim.

Lebih lanjut, Walikota Tidore Kepulauan dua periode ini mengatakan, karena usulan yang disampaikan berbentuk konsep pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional, maka akses transportasi di beberapa tempat wisata juga menjadi prioritas dalam usulan ini.

Senada, Prof. Husen Alting mengatakan, berkaitan dengan KSPN, untuk jangka panjang yang harus dilakukan adalah desainnya, dan jangka pendeknya adalah Hari Nusantara. Selain itu yang terpenting Pariwisata dan Pendidikan di Tidore harus dikembangkan.

“Tidore ini ada dua hal penting yang harus dikembangkan yaitu Pariwisata dan Pendidikan. Kita harus sepakat dulu, kawasan apa yang menjadi prioritas dan memberikan dampak yang besar bagi masyarakat. Olehnya itu, kita harus lihat potensi yang dimiliki, misalnya wisata sejarah.,” Ucap Husen.

Usai pembahasan ini, semua usulan yang berkaitan dengan konsep pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) pasca Perhelatan Sail Tidore Tahun 2022 dan persiapan pasca pelaksanaan Hari Nusantara Tahun 2023 akan ditindaklanjuti oleh masing-masing OPD terkait.(HMS/NT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *