Job Fair Sofifi 2023 resmi dibuka, Nakertrans Malut berhasil pertemukan para pelamar dengan berbagai perusahaan

Maluku Utara42 views

AKSESNEWS.CMO, SOFIFI – Pemerintah Provinsi Maluku Utara melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi mengelar Job Fair Sofifi 2023. Kegiatan tersebut langsung menarik perhatian para pelamar pekerjaan di Maluku Utara.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Maluku Utara yang diwakili Sekretaris Daerah Drs. Samsuddin Abdul Kadir, bertempat di Jl. Raya Sultan Nuku, KM. 40, Pelataran Taman Sultan Ternate, Selasa (19/9/23).



Samsuddin Abdul Kadir menyampaikan, Pemerintah Provinsi Maluku Utara terus berupaya menekan angka pengangguran dan kemiskinan di daerah dengan berbagai upaya untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Angka pengangguran terbuka mengalami penurunan di tahun 2022 hingga mencapai 3,98% serta Tingkat Partisipasi Angkatan kerja (TPAK) masyarakat Maluku Utara juga terus mengalami peningkatan sejalan dengan bertambahnya jumlah penduduk berusia 15 tahun atau usia angkatan kerja, “tulis Gubernur dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Samsudin Abdul Kadir.

“Hal ini dapat dilihat dari data BPS tahun 2023, perekonomian Maluku Utara tumbuh 17,74 persen serta konsisten mengalami pertumbuhan yang tinggi meskipun mengalami deselerasi dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 23,28 persen, ” terang Sekda.

Sementara itu mengamini pernyataan Sekda di awal, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dr. Marwan Polisiri mengatakan, job fair ini dilaksanakan untuk mempertemukan perusahaan dan para pencari kerja secara langsung dengan harapan perusahaan mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kebutuhannya serta pencari kerja dapat memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan kompetensinya.

“Job Fair Sofifi yang diadakan selama 2 hari, menyiapkan 30.000 lowongan yang diikuti kurang lebih 30 perusahaan dari berbagai sektor di Provinsi Maluku Utara, mulai dari pertambangan, ekspedisi, hingga ritel modern, ”ungkapnya.

Marwan menuturkan, bagi pelamar kerja dapat mendaftar secara online maupun langsung ke stand yang perusahaan di lokasi job fair. Bagi yang mendaftar secara daring akan diarahkan perusahaan yang aka dilamar.

“Kalau sudah daftar online ada data di panitia, tinggal melapor dan kami arahkan ke perusahan yang dia daftar, ”jelasnya.

Dalam menutup sambutannya, Sekda Provinsi Maluku Utara mengapresiasi kegiatan job fair ini dan menyampaikan, kegiatan Job Fair Sofifi 2023 ini sebagai wujud kehadiran pemerintah dalam memberikan kesempatan kepada masyarakat khususnya para pencari kerja untuk memasukan lamaran sesuai dengan perusahaan yang diminati.

“Ini merupakan kesempatan emas untuk pencari kerja dalam mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas serta daya saing baik di dalam maupun di luar negeri guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Maluku Utara”.

“Harapan kami perusahaan bisa mendapatkan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang berasal dari tenaga kerja lokal yang memiliki kompetensi, ” tutup Sekda dalam sambutan disertai tepuk tangan tamu undangan.

Sementara itu dalam kegiatan juga diadakan sesi tanya jawab seputar dunia kerja yang di moderatori oleh Disnakertrans dan BP2MI, pelepasan tenaga kerja Maluku Utara ke Arab Saudi oleh Sekda Maluku Utara. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *