Tingkatkan Kontribusi Perempuan, DPPPA Malut Gelar Pelatihan Industri Rumahan


AKSESNEWS.COM, HALSEL – Keterlibatan perempuan dalam dunia usaha diyakini menggambarkan tingkat kesejahteraan bagi pemberdayaan perempuan. Hal ini karena dengan banyak perempuan yang bekerja, maka secara tidak langsung dapat menunjukkan banyak perempuan yang mampu membantu memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Maluku Utara, Musrifah Alhadar saat menyampaikan  sambutannya pada kegiatan pelatihan industri rumah sekaligus memberikan bantuan peralatan masak untuk puluhan kelompok pelaku usaha perempuan di Kabupaten Halmahera Selatan, Selasa (70/11/23).



“Ini merupakan cerminan bahwa perempuan juga dapat berperan ganda selain menjadi ibu rumah tangga, perempuan juga dapat membantu perekonomian keluarga, “kata Musrifah Alhadar.

Melalui kegiatan ini, Musrifah berharap bisa memberikan nilai tambah untuk dapat merubah pola pikir dari kaum perempuan dalam menunjang ekonomi keluarga sehingga tercapai kesetaraan perempuan dan laki-laki dalam menunjang ekonomi keluarga.



“Perempuan bukan sebagai pencari nafkah pertama dan utama tapi perempuan hanya sebagai pencari nafkah tambahan untuk Keluarga, “ujarnya, di ruang Aula Polres Halmahera Selatan.

Dikesempatan itu, Musrifah juga mengingatkan agar para kelompok usaha yang menerima bantuan tersebut tak hanya dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi, melainkan juga dapat dimanfaatkan untuk membantu orang disekitar.

Sebelumnya, Eni Djali selaku ketua panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut untuk mewujudkan kelompok usaha perempuan UMKM yang maju dan mandiri dibidang kuliner/makanan.

Hal itu dilakukan melalui pengembangan kegiatan ekonomi produktif dalam mendukung terciptanya kondisi kehidupan yang lebih sehat, dan sejahtera baik di lingkungan keluarga maupun masyarakat yang nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan UMKM Perempuan.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia perempuan Maluku Utara di bidang Kuliner/makanan serta membuka dan memperluas kesempatan bagi UMKM perempuan untuk mengembangkan potensi diri kesejahteraan keluarga.

Terpisah, Ketua Kelompok Putri Bajo Haryati Umar saat dikonfirmasi mengatakan bahwa selalu pelaku usaha dirinya sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Maluku Utara melalui Dinas PPPA.

Dikatakan, bantuan alat -alat pengolahan yang diterima berupa Kompor, Wajan, blender, dan ember besar ini sangat bermanfaat untuk menunjang produksi pengolahan Kerupuk Kamplang di Kecamatan Botang Lomang.

Selain Kamplang, dalam kelompok kami juga membuat kue, pengolahan makanan kemasan dan lainnya, “pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *