‘Show Must Go On’ Tanah Merdeka Institute Terus Sosialisasi Kerja di Luar Negeri

Berita26 views

AKSESNEWS.COM, TERNATE – Tak ambil pusing meski pemilu legislatif dan pemilu presiden tinggal menghitung hari (14 Februari 2024), Tanah Merdeka Institute kembali gelar dua kegiatan sosialisasi kerja diluar negeri yang pertama di Area taman Sultan Ternate, di Desa Balbar Kecamatan Oba Utara (8/2/2024) dan yang kedua di Gedung Pertemuan Desa Lola Kecamatan Oba Tengah Jumat (9/2/2024) kemarin.

Setelah sebelumnya melakukan kegiatan serupa di lapangan sepakbola kelurahan Dokiri Kecamatan Tidore Selatan (20/1/2024).

Direktur Eksekuif Tanah Merdeka Institute Abdurrahim Saraha merasa bersyukur BP2MI (Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia) masih memberikan kepercayaan kepada lembaganya untuk melaksanakan sosialisasi ini.

“Ini untuk yang kedua dan ketiga kalinya kami diamanahkan melaksanakan sosialisasi kerja diluar negeri di Maluku Utara khususnya di Kota Tidore Kepulauan, “ujar Kaka sapaannya.

Mengangkat tema Urusan Gampang- Kerja Nyaman- Gaji Aman- Hati Senang, sosialisasi prosedur kerja diluar negeri secara legal sebagai upaya pencegahan Tindak Pidana Perdagangan Orang dan Kekerasan terhadap Pekerja Migran Indonesia ini mendapat dukungan penuh dari BP2MI.

Menurut Kaka Tanah Merdeka Institute berterima kasih kegiatan ini kembali bisa terlaksana di Kota Tidore Kepulauan dan mendapatkan sambutan baik dari pemerintah dan stakeholder serta direspon secara meriah oleh masyarakat disini.

“Ini bentuk dari menyederhanakan dan atau mendekatkan setiap kebijakan, setiap program pemerintah terutama pemerintah pusat ke daerah dan langsung berhadap hadapan dengan masyarakat, “pungkas Kaka.

Kegiatan dibuka oleh Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pemerintah kota (pemkot) Tidore Kepulauan Syofyan Saraha. ” pemkot Tidore Kepulauan kami memberi apresiasi untuk BP2MI yang menggandeng Tanah Merdeka Institute kembali lakukan sosialisasi khususnya dijazirah Oba, ini bentuk kolaborasi yang positif dan sangat produktif untuk memberi informasi dan juga pemahaman tentang kerja diluar negeri ke seluruh masyarakat ‘ujar Syofyan.

Pada sesi dialog dipandu oleh Mansyur Djamal Sekretaris Eksekutif Tanah Merdeka Institute itu menghadirkan para pembicara diantaranya Hendra Toku Makalalag Kepala Balai BP2MI wilayah Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku dan Maluku Utara, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) provinsi Maluku Utara di wakili oleh Abdul Hamid Tuasalamoni Kepala seksi infromasi dan penempatan tenaga kerja. Sementara Tokoh Masyarakat oleh Hasby Yusuf dan Basri Salama (Penasehat Tanah Merdeka Institute).

Terpisah Kepala Dinas Nakertrans provinsi Maluku Utara menyatakan belum berkesempatan hadir langsung dikegiatan sosialisasi karena sudah ada agenda terjadwal di Halmahera Tengah dan mengirim perwakilannya.

“Terima kasih BP2MI dan Tanah Merdeka Institute atas kegiatan ini, prinsipnya saya bangga ini bentuk dari konektivitas semua stake holder untuk mengisi ruang ruang publik, bersama menyebarkan informasi tentang kerja diluar negeri kepada masyarakat Maluku Utara, ”ujar Kadis Marwan.

Saat ini tumbuh semangat baru untuk dapat kerja diluar negeri setelah pada awal januari 2024 kita sukses kirimkan 4 tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di Rumah Sakit Sulaiman Al Habib di Riyadh Arab Saudi. “ada animo yang luar bias dari para pencari kerja untuk mulai menatap kerja diluar negri yang dalam banyak aspek sangat prospektif “pungkas Marwan Polisiri, Kadis muda energik dan penuh kreatifitas tinggi.

Peserta yang hadir bergembira karena baru pertama kali bisa ikut kegiatan ini. “torang senang skali, terima kasih Tanah Merdeka Institute, terima kasih so berbagi informasi yang sangat berharga bagaimana kerja diluar negeri, suda kong dapa sepaket sembako deng pengganti uang transport, pe bagus skali acara ini “ungkap sekelompok Ibu Ibu usai acara dengan senang dan bahagia. (at/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *