Peringati HUT Ke 52,  Basarnas Ternate Gelar Upacara dan Acara Syukuran

Daerah28 views

AKSESNEWS.COM, TERNATE  Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate melaksanakan puncak HUT Basarnas yg ke 52 dengan upacara dilapangan Apel Basarnas Ternate dan syukuran pada Kamis (29/02/23).

Pelaksanaan upacara di diikuti oleh seluruh personil Basarnas Ternate, baik dari rescuer dan ABK (crew kapal) dari KN SAR Pandudewanata, Honorer dan dihadiri juga oleh Dharma Wanita Persatuan Up. Basarnas Ternate.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate, Fathur Rahman, yang di wakili oleh Kasubsie Sumber Daya. Dalam membacakan amanat dari Kepala Basarnas RI Marsekal Madya TNI Kusworo menyampaikan.

” Tanggal 28 Februari merupakan hari yang istimewa bagi kita semua, Keluarga besar Basarnas pada khususnya dan instan sar diseluruh indonesia pada umumnya. Karena pada tanggal itu, Basarnas yang identik dengan korps baju orange ini lahir hingga saat ini, lebih dari setengah abad, Basarnas sebagai lembaga pemerintah konsisten menunjukkan eksistensinya menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pencarian dan pertolongan atau Search And Rescue.

Lanjut Kabasarnas, Basarnas genap berusia 52 Tahun. Dalam perjalanannya, Basarnas telah mengalami berbagai peristiwa. Suka dan duka. Dinamika yang terjadi selama itu menjadi dasar untuk memperkokoh fondasi Basarnas dalam mengampu tugas dan tanggung jawabnya,yaitu mencari, menolong, menyelamatkan dan mengevakuasi korban pada saat terjadi keadaan darurat, baik kecelakaan pesawat, kecelakaan kapal, bencana pada fase tanggap darurat dan kondisi membahayakan jiwa manusia.

Jenderal bintang tiga tersebut menyampaikan bahwa tema ulang tahun kali ini adalah. “QUICK ACTION, SATU JIWA SATU RASA”. Tema tersebut merepresentasikan kecepatan kita dalam memberikan pelayanan sar kepada masyarakat selama ini semakincepat, maka semakin besar kemungkinan kita menyelamatkan korban. Kecepatan itu dilandasi dengan semangat pengabdian, keteguhan dan ketulusan hati, serta kebersamaan yang solid, itulah ciri khas instan sar dalam bekerja.

Semua menyadari bahwa tugas sar memiliki dimensi moral yang tinggi. Misi kemanusiaan yang mulia. Karenanya, kita harus menunjukkan bahwa kita siap bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja ikhlas dan bekerja tuntas dalam penyelenggaraan operasi sar.

Kabadan menambahkan bahwa, reputasi basarnas selama ini sangat membanggakan. Basarnas begitu dicintai masyarakat. Reputasi itu harus kita jaga dan kita pertahankan dengan etos kerja secara komprehensif. Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan 5 poin untuk di pedomani dalam bekerja.

 

Yang pertama. Tingkatkan Iman dan Taqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, selalu berdoa dalam melaksanakan tugas dengan tulus, ikhlas, dan Loyal.

Kedua, pegang teguh panca prasetya korpri dan Janji Rescue dalam pelaksanaan tugas.

Ketiga, Wujudkan profesionalalisme sebagai ASN berahlak, yaitu berorientasi pada pelayanan, akuntabel, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif, yang berpedoman pada standard operating procedure.

Keempat, Wujudkan sinergitas dan jaga kekompakan dengan seluruh potensi sar dimanapun bertugas dengan mengedepankan dan menjaga kepercayaan rakyat.

Dan kelima, Terus berinovasi dan kembangkan kreativitas dengan proaktif mengikuti dan beradaptasi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi”. Demikian kutipan sambutan singkat Kepala Basarnas RI yang dibacakan Kasubsie Sumber Daya.

 

Setelah Upacara Peringatan HUT Basarnas ke 52, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan ramah tama bersama seluruh anggota dan dharmawanita yang dilaksanakan secara virtual atau daring juga bersama anggota di Pos Sar Tobelo, Unit Siaga Sar Bacan, Unit Siaga Sar Morotai dan Unit Siaga Sar Sanana.

Sebelumnya Basarnas Ternate juga telah melaksanakan berbagai kegiatan. Baik kegiatan sosial maupun kegiatan lomba dalam menyambut HUT Basarnas ini. (Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *