Target Indeks SPBE Berpredikat Baik, Diskominfosan Malut dapat Dukungan Tim SIA Kemenpan-RB

Daerah4 views

AKSESNEWS.COM, SOFIFI – Setelah meraih predikat terbaik penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Indonesia Timur pada tahun 2022, mengalahkan daerah lainnya di wilayah Maluku dan Papua, pada tahun ini Pemerintah Provinsi Maluku Utara berupaya untuk terus meningkatkan indeks SPBE menjadi baik.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian (Diskominfosan) Provinsi Maluku Utara, Iksan Arsad usai melakukan kunjungan kerja di Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) di Jakarta, Rabu (27/3/2024).

“Berdasarkan Surat Keputusan Menpan-RB tanggal 31 Januari 2023, Nomor 108 tahun 2023, tentang hasil pemantauan dan evaluasi SPBE pada instansi pusat dan pemerintah daerah tahun 2022, Pemprov Malut menjadi yang terbaik di Indonesia Timur dengan nilai indek 2,47 pada tahun ini kita berupaya untuk bisa mencapai nilai di atas 2,6 atau berpredikat baik, ” ungkap Iksan.

Menurutnya target ini dapat dicapai setelah melakukan evaluasi di beberapa bagian yang dinilai masih kurang, sehingga akan diperbaiki menjadi lebih baik, dimana penilaian dilakukan untuk mengukur tingkat kematangan dalam penerapan SPBE pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah (IPPD), dengan indikator yang menjadi area penilaian adalah kebijakan internal SPBE, tata kelola SPBE, manajemen SPBE, dan layanan SPBE.

“Untuk kebijakan internal, tata Kelola, dan layanan SPBE kita sudah cukup baik tinggal pada menajemen SPBE ini kita perlu membangun arsitektur SPBE dengan mengikuti bimbingan teknis Arsitektur SPBE yang diselenggarakan Kemenpan-RB mendatang, dan Alhamdulillah dari Kemenpan-RB siap untuk mendampingi kita,” ujarnya.

Langkah Kadis Iksan yang bertandang ke Kemenpan-RB ini berhasil mendapatkan dukungan dari team tekhnis Sistem Informasi Arsitektur (SIA) SPBE Kemenpan RB, dengan menjadi narasumber pada kegiatan yang akan dilaksana pada Bulan April mendatang.

“Insya Allah pada Bulan April mendatang kita akan membuat Bimtek yang didampingi langsung oleh Team tekhnis Sistim Informasi Arsitektur (SIA) SPBE Kemenpan-RB, yang akan diikuti oleh seluruh perwakilan dari tiap-tiap OPD,” jelasnya.

Iksan berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini maka indeks SPBE Provinsi Maluku Utara dapat mencapai angka di atas 2,6 dan berpredikat Baik.

“Sebelumnya kita hanya kurang beberapa poin saja untuk mencapai predikat baik, semoga dengan adanya kegiatan Bimtek ini maka kita dapat mencapai predikat Baik pada tahun ini,” harapnya. (at/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *