Sebanyak 50 Peserta Ikut Pelatihan Pengelolaan Keuangan Digital

Ekonomi42 views

AKSESNEWS.COM, SOFIFI – Pemerintah Provinsi Maluku Utara melalui Dinas Koperasi dan UKM mengelar pendidikan dan pelatihan penerapan sistem keuangan digital untuk pelaku usaha mikro se-provinsi Maluku Utara.

Kegiatan yang berlangsung di
Aula Yusmar Sofifi pada Rabu (23/11/2022), secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Maluku Utara, Wa Zaharia.


Kepala Dinas Koperasi dan UKM Maluku Utara, Wa Zaharia.

Dikesempatan itu, Wa Zaharia  berharap agar seluruh peserta bisa manfaatkan kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Maluku Utara.

Hal ini karena, kegiatan yang dilaksanakan sangat bermanfaat bagi para pelaku usaha apalagi dalam mengembangkan usaha dan menata laporan keuangan dan akuntansi.

“Peserta yang mengikuti kegiatan ini kurang lebih 50 orang dari para pelaku usaha yang berasal dari Kabupaten kota di Maluku Utara, yang diikuti selama dua hari ini akan diajarkan terkait penggunaan aplikasi untuk pelaporan keuangan, “katanya.

Menurutnya, para peserta kegiatan akan diberikan hadiah berupa aplikasi pengelolaan keuangan, dan dilatih oleh para pemateri untuk dapat menggunakan aplikasi tersebut sehingga para pelaku usaha tidak akan lagi kesulitan dalam menyusun laporan keuangan usaha mereka.



“Saya harapkan semua peserta mengikuti kegiatan ini hingga selesai, sebab kegiatan ini sangat menunjang keberhasilan usaha para pelaku UKM, dimana laporan keuangan yang rapi dapat mempermudah penghitungan untung rugi dan menjadi penilaian saat mengajukan pinjaman ke bank,” ungkapnya.

Sementara, Muhamad Ardi Nupi Hasyim salah satu narasumber dari Institut Manajemen Koperasi Indonesia (IKOPIN) University mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut terlebih difokuskan pada penguatan bagian akutansi.

Dimana, para peserta arahkan untuk bagaimana belajar mencatat pembukuan dengan baik dan benar, kemudian baru diajak untuk masuk ke dalam aplikasi yang telah disiapkan dan melihat bagaimana kinerja keuangan seperti apa untuk UMKM.

Dikatakan, Aplikasi yang diberi nama Sistem Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan (SiApik) kini sudah berbasis android, PC dan IOS.

Untuk aplikasi, kata Muhamad, ini langsung dibuat oleh Bank Indonesia dan cara penggunaan terlebih untuk pembiayaan lebih mudah.

“Sangat muda untuk digunakan, seperti mengisi transaksi yang secara otomatis muncul laporan keuangan dan kinerja keuangan seperti apa, “katanya.

Ia berharap, melalui kegiatan ini UMKM bisa membuat laporan keuangan dengan baik, dan pelaku UMKM bisa lebih mudah mengakses aplikasi tersebut, “pungkasnya.

Untuk mensukseskan kegiatan tersebut, Dinas Koperasi dan UKM Maluku Utara menghadirkan dua narasumber yakni, Dr. Muhammad Ardi Nupi Hasyim dari Institut Manajemen Koperasi Indonesia (IKOPIN) University dan
Sidin Usman selaku Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Bumi Hijrah (Unibrah), serta Kepala Bidang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *