Wujudkan Koperasi Modern dan UMKM Naik Kelas, Pemprov Malut Gelar Rakorda

Daerah20 views

AKSESNEWS.COM, SOFIFI – Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) melalui Dinas Koperasi dan UKM menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Bidang Koperasi, UMKM dan Kewirausahaan bersama Dinas Koperasi se-Malut, bertempat di Penginapan Yusmar, Jumat (8/3/2024).

“Rakorda ini dilakukan guna memberikan pengetahuan bagi seluruh Dinas Koperasi se-Malut bidang Koperasi, UMKM dan Kewirausahaan untuk membantu keselarasan pelaksanaan kegiatan dalam rangka peningkatan ekonomi nasional.



Hal ini disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Malut, Wa Zaharia saat membaca sambutan Gubernur Malut, M. Al Yasin Ali.

Lanjut Wa Zaharia mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan perencanaan pusat dan daerah pada bidang pemberdayaan koperasi, usaha mikro kecil dan menengah terus dilaksanakan dengan melibatkan seluruh instansi pemerintah secara terpadu dan terintegrasi dalam rangka peningkatan ekonomi nasional.

“Hasil yang diharapkan dari upaya pemberdayaan Koperasi dan UMKM ditinjau dari segi aspek makro yaitu upaya pemerintah untuk memperbaiki fundamental perekonomian nasional yang terus dilaksanakan dengan berkaitan langsung terhadap kehidupan dan peningkatan kesejahteraan bagi sebagian besar masyarakat, “katanya.

Dikesempatan itu, Wa Zaharia mengungkapkan kalau upaya pemberdayaan Koperasi dan UMKM hari ini telah menemukan momentum yang tepat, yakni ditandai dengan tingginya komitmen masyarakat, dan dukungan dari Pemerintah Daerah serta Lembaga Legislatif terhadap pembangunan ekonomi rakyat sebagai pelaku utama dalam perekonomian nasional dan domestik.

Saat ini, Provinsi Maluku Utara memiliki investasi yang besar khususnya sektor tambang, sehingga telah menyerap banyak tenaga kerja, hal ini menjadi peluang bagi pelaku usaha UMKM untuk menjadi mitra sebagai pemasok bahan makanan dan logistik bagi kebutuhan tenaga kerja Perusahaan di daerah tambang tersebut.

Seiring dengan Visi Pembangunan Provinsi Maluku Utara yaitu “Maluku Utara Sejahtera”, telah terjadi perubahan struktur pelaku ekonomi dari pertanian ke agroindustri, yang diharapkan akan dapat memacu dan meningkatkan produktifitas usaha dan investasi bagi usaha koperasi dan UMKM, sehingga seluruh stakeholders harus punya komitmen dan sinergi kuat, menyatukan langkah dalam program-program pembangunan untuk mengakselerasi, modernisasi koperasi dan UMKM naik kelas di Maluku Utara, guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

“Kita berharap rencana program pemberdayaan koperasi dan UMKM baik itu di pusat, provinsi, dan daerah dapat bersinergi untuk mencapai target nasional, “ucap Wa Zaharia mengakhiri sambutan Gubernur.

Turut hadir Kepala Biro Administrasi Pimpinan, Perwakilan Badan Pendapatan Daerah, Perwakilan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten/Kota se-Maluku Utara, serta Kepala Bagian Protokoler.

(at/adm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *